Menlu Retno Marsudi: Indonesia Terus Dorong Pasifik Dukung Kemerdekaan Palestina

Menlu Retno Marsudi saat mengikuti rapat dengan Komisi I DPR (Foto: Istimewa)

@Rayapos | Jakarta: Pemerintah Indonesia akan terus mendorong negara-negara Kepulauan Pasifik agar ikut mendukung kemerdekaan Palestina dan mengakui Palestina sebagai sebuah negara, kata Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi.

“Kita selalu membawa hal ini (soal kemerdekaan Palestina) dalam setiap pertemuan bilateral dengan negara Pasifik atau kepada negara-negara yang selama ini masih belum mengakui Palestina. Saya biasanya menyampaikan bahwa tolong pertimbangkan untuk segera mengakui Palestina,” ujar Menlu Retno saat ditemui di Gedung Nusantara II DPR di Jakarta, Kamis (26/1/2017).

Menurut Menlu Retno, untuk negara-negara yang sudah mengakui Palestina sebagai negara, pemerintah Indonesia akan menggalang kerja sama segitiga (triangular cooperation) untuk mengambil langkah-langkah konkret mendukung Palestina.

“Untuk negara yang sudah mengakui Palestina, seperti Swedia, biasanya kita di konferensi kita galang menjadi kerja sama segitiga untuk membangun atau membantu Palestina. Untuk yang belum mengakui, kita minta untuk dapat mendukung Palestina,” ujar Retno.

Sebelumnya, Menlu Retno dalam Pernyataan Pers Tahunan Menteri Luar Negeri Tahun 2017 mengatakan bahwa komitmen Pemerintah Indonesia untuk mendukung upaya kemerdekaan Palestina akan terus dilanjutkan.

“Komitmen Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina terus dilanjutkan. Indonesia tidak akan mundur dalam membantu perjuangan kemerdekaan Palestina,” kata Menlu Retno Marsudi.

Menlu menekankan bahwa Indonesia mendukung penuh Resolusi Dewan Keamanan PBB 2334 agar Israel segera menghentikan pembangunan permukiman ilegal.

“Indonesia akan terus menggalang tekanan internasional bagi pencapaian ‘two-state solution’ (solusi dua negara),” ujar dia.

Menlu Retno menambahkan Indonesia akan menggalang sebanyak mungkin dukungan agar penyelesaian “Two-State Solution” dapat terealisasi.

Comments

comments