@Rayapos.com | Lebak – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan kota terpadu Citra Maja Raya di Lebak, Banten.

Konsep kota terpadu ini berdiri di luas pengembangan lahan 2.000 hektar untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah.

Pembangunan kota terpadu ini dimulai dari 2015. Selain memenuhi kebutuhan perumahan dan program pembangunan sejuta rumah, Kota Baru Maja didesain mengikuti kawasan berbasis transportasi massal seperti commuter line.

Menteri Basuki mengatakan kota terpadu ini dibangun atas kesepakatan antara pemerintah pusat, Provinsi Banten, Kabupaten Lebak dan pihak swasta. Maja menjadi salah satu kota baru yang dikembangkan bersama 10 kota lain di Indonesia.

“Kota Maja di sebelah barat Jakarta untuk menahan urbanisasi supaya orang tidak perlu ke Jakarta,” kata Basuki di Maja, Lebak, Banten, Sabtu (18/11/2017).

Kota ini, Basuki melanjutkan bahwa bisa menjadi kota yang mandiri ke depan. Di Maja juga nanti menurutnya dapat menampung sampai 1,2 juta jiwa. Di samping itu, untuk mengembangkan kota terpadu ini, juga akan dilakukan pengembangan termasuk stasiun Maja dan akan ada pembangunan tol Serpong-Balaraja yang akan dikembangkan oleh pihak swasta sebagai penunjang kota terpadu.

Sementara itu, Chairman and Founder Ciputra Group, Ciputra mengatakan bahwa Citra Maja Raya sedang membangun 10.000 unit rumah termasuk 8.000 unit khusus untuk masyarakat berpenghasilan rendah, ditambah 1.000 unit rumah subsidi dengan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) yang disiapkan pemerintah.

Dalam perencanaannya, Ciputra mengatakan bahwa kota terpadu ini juga akan dilengkapi fasilitas komersil, pendidikan, kesehatan, sport club, water park, pasar modern, shuttle bus, sub terminal, ruang terbuka hijau dan fasilitas umum dan sosial.

“Sejalan dengan program pemerintah, kami sejak 2015 turut ambil bagian dalam pembangunan terpadu Citra Maja Raya,” katanya.

Selain dua menteri Basuki dan Budi hadir dalam peresmian kota terpadu Gubernur Banten Wahidin Halim dan Bupati Lebak Iti Octavia.

BAGIKAN