Ilustrasi pria dan wanita (Foto: Getty Images)

@Rayapos | Jakarta – Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita cenderung lebih sering mengalami gangguan sakit maag dibandingkan pria.

Dalam  resetnya yang dipublikasikan  oleh Archives of Surgery , tim Peneliti Australia melibatkan hampir 3.000 orang dewasa  dari kalangan masyarakat umum serta 2 ribu lainnya yang  mengalami masalah gastroesophageal reflux (GERD).

Penelitian itu dilakukan dengan serangkaian wawancara tatap muka. Hasilnya, wanita dilaporkan lebih sering mengalami sakit maag yang parah daripada pria. Sementarapria lebih cenderung memiliki sfingter esofagus bawah yang rendah (LES).

Selain itu, wanita juga lebih banyak mengalami kesulitan menelan makanan, lebih sering mengobati mulas mereka dengan obat-obatan dan memiliki insiden hernia hiatus yang lebih tinggi.

Sedangkan pria lebih cenderung memiliki esophagitis atau esofagus Barrett.

Wanita yang menjalani operasi cenderung lebih tua dan lebih mungkin mengalami obesitas daripada pria.

Baca juga: 

Secara keseluruhan, wanita melaporkan lebih banyak gejala refluks asam daripada pria. Namun, ketika dokter mengevaluasi gejala pasien pra operasi, mereka menemukan bahwa pria benar-benar menunjukkan lebih banyak gejala refluks asam.

Para peneliti percaya, fenomena ini bisa disebabkan oleh fakta bahwa pria cenderung kurang mempedulikan  setiap gejala yang mereka rasakan.  Pria juga umumnya cenderung tidak mencari perawatan medis.

GERD yang tidak ditangani dapat menyebabkan mutasi sel di lapisan esofagus, suatu kondisi yang dikenal sebagai esofagus Barrett. Pasien yang memiliki esofagus Barrett memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker esofagus.

Esofagus tidak selalu dapat dicegah, tetapi baik pria maupun wanita dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko mereka dengan mencari perawatan untuk GERD sejak dini. 

Langkah pencegahan lainnya termasuk;

1. Menghindari alkohol

2. Menghilangkan penggunaan tembakau

3. Mempertahankan berat badan yang sehat

4. Mengikuti diet seimbang yang kaya buah dan sayuran 

BAGIKAN