Mewengkang: Keberadaan Warga Keturunan Philipina Sangihe Sementara di Data Kemenhunkam Melalui Dirjen Imigrasi

@Rayapos | Manado: Permasalahan data diri yang melibatkan warga keturunan Sangihe Philipina (Sapi –red), dan Philipina Sangihe (Pisang –red), dalam waktu dekat akan mulai dilakukan pendataan oleh Kemenhunkam melalui Dirjen Imigrasi di Philipina.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Komisi Satu DPRD Sulut, Ferdinand Mewengkang usai melakukan kunjungan kerja di Dirjen Imigrasi pekan kemarin.

Kepada wartawan, Legislator Sulut dapil Manado utusan partai Gerindra ini mengakui, dalam kunjungan kerja Komisi Satu mendapatkan banyak informasi dari Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F Sompie.

Mewengkang menyatakan dari penjelasan Direktur Jenderal Imigrasi,  warga Sangihe yang ada di Philipina sementara di data oleh Dirjen Administrasi Kemenkumham.

”Ini dilakukan agar jumlahnya diketahui. Kemudian selanjutnya akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Dalam Negeri,” jelas Mewengkang, di Manado, Selasa (24/1/2017).

Lanjut Mewengkang, dalam pertemuan itu juga ikut dibahas soal usulan gubrrnur dalam rangka upaya peningkatan pariwisata di Sulut. Terkait adanya penambahan jalur internasional dan jumlah flight, maka diharapkan adanya peningkatan SDM khususnya membidangi Imigrasi.

”Jika kekuarangan tenaga kerja maka ditambah. Misalnya membuka alih status dari kementerian lain,” pungkasnya.

Comments

comments

LEAVE A REPLY