FOTO: ANCAP

@Rayapos | Sydney – Perkembangan teknologi keamanan mobil semakin canggih. Secara kasat mata tak terlihat kemajuan teknologi keamanannya. Namun jika dilakukan tes tabrak, baru terlihat.

Belum lama, Australasian New Car Assessment Program (ANCAP) meguji kualitas keamanan dan keselamatan mobil lawas dengan mobil modern.

Dua mobil Toyota Corolla ditabrakkan pada kecepatan 64 km/jam tanpa rem. Mobinya adalah Toyota Corolla hatchback tahun 1998 dan 2015.

Baca jugaSalah Dinobatkan Jadi Pemain Terbaik Afrika 2017

Hasilnya: Corolla 1998 mengalami kerusakan struktural parah. Hood depan mobil hancur, kaca depan pecah serta pilar atap hancur. Sedangkan Corolla 2015 hanya bagian hoodnya yang hancur. Kaca dan pilar atap utuh.

Pembacaan yang dicatat oleh boneka uji coba kecelakaan di Corolla 1998 juga menunjukkan risiko cedera kepala, dada dan kaki yang sangat tinggi pada pengemudi.

Baca jugaIni Solusi Menghentikan Pembiakan Hoax dan Hate Speech di Pilkada 2018

Alhasil, Corolla 1998 itu hanya meraih poin 0,4 dari 16 poin (0 bintang).

Sementara Corolla 2015 mendapat skor 12,93 poin dari 16 poin (dapat lima bintang).

“Ini menyangkut tingkat kecelakaan empat kali lebih tinggi untuk kendaraan yang lebih tua daripada kendaraan baru. Keselamatan bukan kemewahan dan kami ingin semua orang tetap aman di jalan. Hasil dari tes ini sangat mencolok. Industri otomotif, keuangan dan asuransi dapat berperan membantu mendorong orang memasuki era mobil baru yang lebih aman,” kata CEO ANCAP, James Goodwin.

Berikut videonya:

Comments

comments