rayapos.com - Durasi Tidur

@Rayapos | Jakarta – Di jaman sekarang ini, masalah tidur sering diabaikan. Padahal durasi dan kualitas tidur ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan seseorang.

Sebagaimana dilansir laman WebMD, Senin (5/11/2018), para ahli menganjurkan agar manusia tidur 6-8 jam setiap hari. Lebih dari waktu yang disarankan bisa berbahaya bagi kesehatan seperti obesitas.

Namun jika kurang dari waktu yang disarankan, juga akan berdampak tidak baik bagi kesehatan. Tidur kurang dari 4 jam setiap harinya, bisa meningkatkan risiko penuaan dini dan mengalami penurunan kemampuan berpikir.

Bahkan lebih mengerikan lagi, orang-orang yang biasa begadang atau tidur larut malam akan mengalami penurunan kemampuan penalaran, kemampuan verbal juga kemampuan untuk mengingat.

Seorang peneliti dari Laboratorium Owen, Conor Wild menjelaskan bahwa jika kurang tidur bisa membuat seseorang lebih mudah kehilangan kemampuan memori jangka pendek maupun jangka panjangnya.

“Kami menemukan bahwa jumlah tidur ideal atau optimal bisa menjaga otak dan kulit tetap baik. Tidur yang baik adalah 6 hingga 8 jam setiap harinya. Kurang atau lebih dari itu sangat tidak disarankan,” tutur Conor.

BAGIKAN