@Rayapos | Jakarta – Semua orang pastinya mengetahui bahwa merokok tidak baik bagi kesehatan. Rokok menjadi faktor penyebab kanker paru-paru, jantung hingga dapat menimbukan resiko kematian.

Namun berdasarkan sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa kurang olahraga juga menyimpan bahaya kesehatan. Bahkan resiko yang ditimbulkan bisa lebih tinggi dari merokok.

Sebagaimana dilansir laman TIME, Rabu (24/10/2018), sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Network Open menemukan korelasi jelas antara kehidupan lebih sehat dan frekuensi olahraga.

Dalam laporan tersebut, peneliti dari Cleveland Clinic melakukan analisis terhadap 122.007 pasien dari tahun 1991 hingga 2014. Peneliti meminta kepada pasien untuk berlari di treadmill dan diukur angka harapan hidupnya.

Dalam test itu, peneliti menemukan bahwa mereka yang kurang olahraga memiliki angka harapan hidup lebih rendah atau pendek. Sebaliknya dengan orang yang suka olahraga, mereka memiliki angka harapan hidup lebih tinggi atau lebih panjang umur.

Baca Juga:

Mau Diet Berhasil, Begini Caranya Girl..

4 Vitamin Ini Bagus untuk Merawat Kulit, Buktikan Girl..

Awas, Pakai Sepatu Heels Terlalu Lama Berbahaya Lho..

Meski memang sudah diketahui secara umum berolahraga tentunya akan memberi pengaruh besar terhadap panjang usia seseorang, namun yang lebih mengejutkan adalah ketika dibandingkan dengan perokok.

Penulis penelitian, Dr Wael Jaber mengatakan dalam CNN bahwa tidak olahraga di atas treadmill efeknya lebih parah terhadap kesehatan jika dibandingkan hipertensi, mengalami diabetes atau bahkan menjadi perokok.