Calon Presiden Joko Widodo dan Calon Presiden Prabowo Subianto

@Rayapos | Jakarta – Indopolling Network melakukan survei peta elektoral capres dan cawapres Pilpres 2019 di Jawa Barat. Pasangan Joko Widodo-KH Maruf unggul tipis dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Survei dilakukan di wilayah Jawa Barat selama 9-15 Oktober 2018 dengan mengajukan pertanyaan spontan atau top of mind ke responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling terhadap 1.200 responden. Tingkat kepercayaan survei 95% dan margin of error sebesar kurang-lebih 2,8%.

“Jokowi-Ma’ruf Amin sebesar 27% dan Prabowo-Sandi 21,4%,” Kata Direktur Indopolling Wempy Hadir dalam pemaparan hasil survei di Bakoel Kopi, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018).

Baca juga:

Perkosaan Mahasiswi UGM Diungkap, Setelah Diberitakan Pers Kampus

Terungkap, Peserta Tes CPNS Simpan Jimat di Balik Celana Dalam dan Bra

Namun Wempy mengatakan responden yang masih merahasiakan dan belum menentukan pilihan di Jawa Barat masih tinggi. Dia menyebut total responden yang mengatakan rahasia dan belum menentukan pilihan sebesar 51,6%.

“Menyatakan rahasia 22,4 persen dan belum memutuskan/tidak tahu/tidak jawab sebesar 29,2 persen,” tambahnya.

Selain itu, menurut Wempy, Indopolling melakukan survei dengan pertanyaan tertutup. Hasilnya, Jokowi-Ma’ruf unggul dengan 28,8%, diikuti Prabowo-Sandi 23,7%, rahasia 29,8%, dan belum menentukan pilihan 17,8%.

“Tidak ada perubahan dukungan signifikan terhadap kedua paslon di pertanyaan tertutup. Undecided masih lebih tinggi, yakni 47,6%,” sambungnya.

Wempy menyimpulkan, bila pemilihan dilakukan hari ini, sebagian besar masyarakat Jawa Barat belum menentukan pilihan. Hal inilah yang harus dimanfaatkan kedua pasangan calon.

“Artinya, masih banyak yang belum menentukan pilihan. Nah itu yang menjadi rebutan kedua pasangan calon,” ucap Wempy.

BAGIKAN