Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto. Foto: Dok Rayapos

@Rayapos | Jakarta – Lembaga survei Median merilis survei soal elektabilitas pasangan capres-cawapres di Pilpres 2019. Hasilnya, Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul.

“Jokowi unggul sementara, tapi posisinya masih di bawah 50 persen. Sementara Prabowo tertinggal. Tapi jaraknnya ini bisa dikejar karena selisih hanya 12 persen, jadi saat ini Jokowi-Ma’ruf 47,7 persen, Prabowo-Sandiaga 35,5 persen, ini selisih 12,2 persen,” papar Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, di Resto Bumbu Desa, Jl Cikini Raya, Jakarta Pusat, Selasa (27/11/2018).

Baca juga:

Prabowo Juga Didemo Gara-Gara Polemik Kedubes Australia

VIDEO: Dua Pimpinan DPRD DKI Ribut saat Rapat Banggar

“Jadi PR (pekerjaan rumah) Jokowi adalah suaranya harusnya bisa lebih baik dari ini. Dan ini adalah evaluasi Prabowo juga, ini sudah tiga kali dia ikut pilpres, jadi ini evaluasi dari kedua belah pihak,” sambungnya.

Survei dilakukan pada 4-16 November 2018 terhadap 1.200 responden, populasinya seluruh warga yang memiliki hak pilih.

Survei dilakukan dengan menggunakan metode pengambilan sampel secara acak atau multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender. Margin of error survei +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei dilakukan dengan memberi pertanyaan kepada responden ‘jika pemilihan presiden dilakukan saat ini, pasangan manakah yang anda pilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia?’. Pasangan Jokowi-Ma’ruf unggul atas Prabowo-Sandi dengan selisih 12 persen.

 

Berikut hasil survei Pilpres 2019 oleh Median:

01. Joko Widodo-Ma’ruf Amin: 47,7 persen
02. Prabowo-Subianto-Sandiaga Uno: 35,5 persen
Undecided votters: 16,8 persen.

BAGIKAN