@Rayapos.com – Orang paling berdosa di Indonesia kini, (seolah-olah) Setya Novanto. 261 juta penduduk Indonesia mengejeknya. Habis-habisan. Seolah dia sampah. Seolah pengejeknya suci. Hanya seorang membela: Pengacaranya. Sedangkan keluarganya, diam-sedih.

Berikut biografinya, disarikan dari berbagai sumber:

Novanto lahir di Bandung, 12 November 1955. Anak ke lima dari delapan bersaudara. Ayahnya, Sewondo Mangunratsongko, ibunya Julia Maria Sulastri. Ayahnya anggota AURI (kini TNI AU). Ibunya mengurus anak-anak.

Belum lama dia masuk SD Negeri 5 Bandung, orangtuanya bercerai. Sewondo lalu pindah ke Surabaya, Julia ke Jakarta. Tidak ada publikasi tentang itu, sebab Sewondo bukan selebritis. Tapi, perceraian itu terjadi ketika Novanto kelas satu SD.

Pahitnya hidup mulai dirasakan Novanto. Ketika dia belum mengerti betul arti perceraian.

Novanto dan sebagian saudaranya, ikut ibu ke Jakarta. Dia dimasukkan SD Negeri 6 Jakarta. Meski dia dan saudara-saudaranya terimbas efek perceraian ortu, tapi dia lulus SD 1967 atau tepat waktu.

Novanto lantas dimasukkan ke SMP Negeri 73 Tebet, Jakarta Selatan. Juga lulus tepat waktu.

Tahun 1970 dia diterima di SMA Negeri 9 Jakarta (kini SMA Negeri 70 Bulungan, Jakarta Selatan). Ini SMA elit di Jakarta. Banyak anak pejabat dan pengusaha besar bersekolah disini.

Di SMA itulah awal mula jalan hidupnya membaik. Itu jadi titik awal nasib Novanto, kelak. (bersambung ke SMAN 9, Awal Sukses)

Comments

comments