NTT Serahkan Pengelolaan BLK Industri Ke Pusat

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur akan menyerahkan pengelolaan Balai Latihan Kerja (BLK) Industri di Kota Kupang kepada pemerintah pusat. (Foto: Bisnis.com)

@Rayapos | Kupang: Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur akan menyerahkan pengelolaan Balai Latihan Kerja (BLK) Industri di Kota Kupang kepada pemerintah pusat.

“Gubernur sudah menyurati kementerian untuk nantinya BLK Industri di Kupang diambilalih oleh pemerintah pusat,” kata Kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTT Bruno Kupok di Kupang, Kamis (26/1).

Dia mengatakan, surat penyerahan wewenang itu disertai dengan surat dukungan dari DPRD.

Dengan dikelola oleh pusat, lanjutnya, BLK Industri akan berperanana lebih maksimal karena didukung dengan fasilitas dan sumber daya manusia yang lebih memadai oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

“Kalau dikelola oleh kementerian maka fasilitas lebih lengkap, instrukturnya juga sudah terlatih dengan baik dan juga sudah ada relasi kerja ke seluruh Indonesia bahkan ke luar negeri,” katanya.

Dengan begitu, Bruno berharap agar tenaga-tenaga yang nantinya dilatih bisa memiliki kualitas yang baik dalam kaitan dengan pencarian kerja di luar negeri maupun di dalam daerah.

“Kita berharap tenaga kerja yang dilatih dengan fasilitas dan instruktur yang lebih memadai, tenaga kerja juga bisa menciptakan lapangan kerja baru, jadi kita tetap diuntungkan,” katanya lagi.

Bruno mengakui, masih banyak penyaluran tenaga kerja dari daerah setempat ke luar, dilakukan tanpa memastikan kapasitas dan kemampuan tenaga kerja bersangkutan.

Di sisi lain, lanjut dia, banyak pula tenaga kerja yang berangkat melalui jalur yang tidak sesuai dengan prosedur.

“Jadi banyak yang asal diberangkatkan, dan sampai di tempat tujuan mereka sendiri bingung mau kerja apa, ini yang tidak kita inginkan,” katanya.

Untuk itu, menurut dia, peran BLK harus diotimalkan untuk memperisapkan tenga kerja yang betul-betul profesional yang siap bekerja.

“Kita berharap melalui BLK yang sebentar lagi akan ditangani langsung oleh pusa, maka kemampuan pengiwi lowongan kerja mekanik, tukang kayu, pembantu rumah tangga dan lainnya disiapkan dengan baik dan profesional,” demikian Bruno Kupok. [ant]

Comments

comments