@Rayapos | Banjarmasin – Obor Asian Games 2018 singgah di Pasar Apung, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (30/7/2018). Sebelumnya, pawai ini juga mampir di Pantai Tanjung Bira, Bulukumba.

Api Obor tersebut datang ke Bumi Lambung Mangkurat menggunakan pesawat Hercules yang mendarat sekitar pukul 08.45 WITA. Kedatangannya disambut Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani.

Setelah disambut wali kota dan beberapa pejabat terkait, Torch Relay dibawa menuju Kota Banjarmasin yang berjarak sekitar 25 kilometer menggunakan mobil bak terbuka.

Selama diperjalanan, pawai Obor Api Asian Games 2018 disambut oleh ratusan anak sekolah dasar yang membentangi spanduk bertuliskan selamat datang api obor Asian Games 2018 sambil melambai-lambaikan bendera Merah Putih.

Setibanya di Pasar Apung sekitar pukul 13.00 Wita, Obor Asian Games diserahkan kepada Kadispora Kalimantan Selatan, Zakly Asswan dan dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan perahu ketitik 0 kilometer untuk diberikan kepada Gubernur Sahbirin Noor.

Baca Juga:

 

Setelah itu, Api Obor Asian Games 2018 langsung diarak ke gedung Maligai Pancasila dan disambut dengan tarian Rangkat Sumangat.

Staff Khusus menteri Sumber Daya Manusia (SDM), Hadi Ndjuraid mengatakan bahwa dirinya bangga bisa menjadi bagian dari gaung Api Obor Asian Games 2018. Ia mengaku bangga bisa berlari bersama para mantan atlet nasional.

“Saya berlari membawa Api Obor yang akhirnya bisa sampai disini. Ini menjadi suatu kebanggan. Karena ini sebuah sejarah untuk Indonesia, dan modal yang sangat bagus partisipasi dari masyarakat kita untuk mendukung dan menyukseskan Asian Games 2018,” tutur Hadi.

“Semoga setelah Asian Games ini kita bisa membuktikan kepada dunia kalau Indonesia sebagai negara yang besar dan mampu bersaing di mata dunia,” sambungnya.

Sementara itu, Gubernur Kalimantan, Sahbirin Noor mengungkapkan rasa yang sangat bangga karena gaung Asian Games sudah mau mampir di kota yang pimpinnya.

“Api obor Asian games telah tiba di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang menjadi salah satu provinsi yang dilewati api obor Asian games,” ujarnya.

“Ini suatu kebanggaan buat saya. Meski Asian Games hanya bergulir di Jakarta dan Palembang, tetapi provinsi Banjarmasin pun siap menyukseskan gelaran ini dengan semangat yang membara,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Api Obor Asian Games 2018 akan di istirahatkan di Gedung Mahligai Pancasila hingga dini hari dan akan kembali terbang ke kota berikutnya di Provinsi Banda Aceh.

Selain menggaungkan Asian Games 2018, diharapkan perjalanan Api Obor ini juga dapat memperkenalkan budaya serta tempat wisata daerah setempat kepada dunia.

BAGIKAN