OJK Sumbagut Dorong Kredit Empat Sektor

OJK Sumbagut Dorong Kredit Empat Sektor (Foto: Rayapos.com)

@Rayapos | Medan: Otoritas Jasa Keuangan atau OJK mendorong perbankan di Sumatera Utara untuk meningkatkan kredit kepada empat sektor mulai infrastruktur, pangan dan energi, kemaritiman dan kesehatan.

“Dorongan OJK sejalan dengan program pemerintah yang sedang fokos pada penanganan empat sektor itu,” ujar Kepala OJK Kantor Regional (KR) 5, Sumatera bagian utara, Lukdir Gultom di Medan, Kamis(26/1).

Dorongan OJK ke perbankan itu juga mulai menunjukkan tanda-tanda positif dimana kredit bank di Sumut pada empat sektor itu terus menunjukkan peningkatan.

Data, kata dia, menunjukkan, kredit infrastruktur di 2016 tumbuh 6,79 persen dan sektor pangan dan energi tumbuh lebih besar yakni 23,82 persen dimana angka itu berada di atas angka nasional yang masih tumbuh 23,35 persen, Khusus di sektor pangan misalnya, di Sumut, telah terealisasi penjaminan kredit untuk luas lahan seluas 11.938 hektare.

“Memang masih di bawah target seluas 55.000 hektare, tetapi realisasi itu trennya terus naik,” kata Lukdir.

Gubernur Sumut HT Erry Nuradi mengaku berharap perbankan meningkatkan kredit di empat sektor itu khususnya infrasrruktur dan sektor pangan dan energi.

Sumut, ujar Erry sangat membutuhkan peningkatan infrastruktur dan itu diharapkan lebih banyak dilakukan swasta mengingat dana pemerintah yang terbatas.

“Infrastruktur yang baik termasuk ketersediaan energi akan semakin mendorong minat pengusaha berinvestasi,” katanya, Adapun sektor pangan, ujar Erry juga sangat dibutuhkan mengingat pemerintah pusat mengharapkan Sumut sebagai salah satu lumbung pangan nasional.

Sementara di kemaritiman, kredit bank diperlukan untuk mendorong peningkatan ekspor di sektor hasil laut dan termasuk budi daya.[ant]

Comments

comments