Anggota Ombudsman RI, Adrianus Meliala | Foto: Rayapos/BINTANG

@Rayapos | Jakarta – Anggota Ombudsman RI, Adrianus Meliala mengungkapkan bahwa tidak semua venue Asian Games 2018 memiliki fasilitas yang lengkap. Padahal hal tersebut seharusnya sudah terpenuhi pesta olahraga bangsa Asia ini sebentar lagi akan digelar.

“Kami meninjau venue, ada atau tidak ada fasilitas yang kurang terpenuhi. Ini bukan mengada-ada karena pemenuhan pelayanan publik penting dan terdapat dalam UU No 25 Tahun 2009 Pelayanan Publik yang harus dipenuhi penyelenggara,” ujarnya di gedung Ombudsman, Senin (23/7/2018).

“Menurut kami mengadakan event sekelas Asian Games harus wajib memenuhi standar-standar minimal. Misalnya perlu ada kejelasan soal tarif, ruang-ruang laktasi, wc yang bersih, dan perlu ada akses ruang untuk difabel,” tambahnya.

Meskipun terdapat evaluasi mengenai ketersediaan fasilitas, Adrianus tetap mengapresiasi pihak INASGOC. Pasalnya beberapa venue sudah menunjukkan indikator ke arah yang baik.

Sebagai contoh adalah kawasan GBK (Gelora Bung Karno). Dalam kawasan ini, ketersediaan penerangan persentasenya sudah sebesar 82 persen, Ruang Ibadah sebesar 75 persen, sarana parkir dan Toilet masing-masing sebesar 100 persen.

Baca Juga:

INASGOC Segera Renovasi GOR Bulungan

GOR Bulungan Tetap Jadi Venue Voli Asian Games 2018

“Kami mengecek ke beberapa venue umumnya semua venue mengarah ke hijau, artinya terpenuhi. Ada yang memang belum ada karena survei ini dilakukan saat H-60. Jadi untuk yang belum terpenuhi masih memiliki waktu untuk diperbaiki,” imbuhnya.

“Tapi ada juga venue yang memiliki indikator merah. Venue kategori merah ini adalah arena bola voli di Bulungan. Banyak hal yang harus diperbaiki mulai dari soal tempat duduk, dan fasilitas pendukung. Pihak INASGOC berjanji segera merenovasi,” sambungnya.

Tidak hanya itu saja, Adrianus mengungkapkan bahwa pemenuhan fasilitas untuk difabel masih rendah. Padahal fasilitas ini tergolong penting. Jadi , sangat disayangkan jika pengunjung difabel justru terbebani.

“Bagaimanapun juga mereka memiliki hak untuk dapat ikut menikmati ajang Asian Games ini,” tukasnya.

BAGIKAN