Ombudsman laporkan Tjipta Lesmana ke Polda Metro Jaya

@Rayapos.com | Jakarta: Ombudsman RI melaporkan pakar komunikasi, Tjipta Lesmana, ke Ditreskrisus Polda Metro Jaya, terkait pernyataanya di media massa tentang Meikarta yang dinilai menyudutkan Ombudsman, pada Selasa (3/10/2017) sore.

Anggota Ombudsman RI, Adrianus Meliala menyampaikan bahwa ada dua artikel di media massa yang memuat pernyataan akademisi UI tersebut, yang isinya dinilai mencemarkan nama baik Ombudsman.

“Mengadukan dua artikel yang muncul yang mana kami anggap itu mencemarkan nama baik Ombudsman RI,” ujarnya kepada wartawan usai menyerahkan laporan, di Polda Metro Jaya, Jakarta.

Adrianus menjelaskan bahwa dalam salah satu opini yang ditulis oleh Tjipta Lesmana di Harian Rakyat Merdeka, terkesan menyudutkan Ombudsman, yang saat itu sedang melakukan pemeriksaan terhadap kasus Meikarta.

Menurutnya, isi artikel itu seolah-olah menyebut bahwa Ombudsman melakukan tawar menawar kepada perusahaan Lippo dalam pemeriksaan soal Meikarta.

“Statement dari Professor Tjipta Lesmana itu dikutip oleh saudara Rico Simandjuntak yang dalam hal ini kami tahu sehari-harinya bekerja di Kementerian Pertanian,” jelasnya.

Tak hanya Tjipta Lesmana, Ombudsman juga melaporkan Rico Simandjuntak ke Cyber Crime Ditreskrimsus dengan membawa barang bukti berupa sejumlah artikel yang telah dimuat di beberapa media massa, baik media cetak dan online.