Presiden RI Jokowi dan Presiden AS Donald Trump. Foto: Biro Pers dan Reuters

@Rayapos | Game of Thrones kembali digaungkan pemimpin dunia. Setelah Presiden Joko Widodo, kini istilah di serial Game of Thrones dipakai Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Lewat twitternya, Presiden Trump memposting gambar dirinya dengan gaya Game of Thrones sembari mengganti logo ‘Winter is coming’ dengan ‘Sanctions are Coming’ pada 5 November (2018)’.

Donald Trump: Santions are Coming. Foto: Reuters
Donald Trump: Santions are Coming. Foto: Reuters

Sanctions are coming, atau sanksi akan datang, merujuk pada kebijakan AS yang akan memberikan sanksi pada Iran, terkait pengembangan nuklir yang dilakukan negara tersebut.

Gedung Putih menyebut sanksi baru kepada Iran merupakan sanksi terberat yang pernah diberikan AS, demikian dilansir Sky News, Sabtu (3/11/2018).

AS berencana memberi sanksi kepada Iran di beberapa sektor strategis. Yaitu energi, pengiriman, dan sektor perbankan.

Iran dan AS saat ini terlibat perseteruan panas. Pertikaian dimulai sejak AS menarik diri dari perjanjian nuklir dengan Iran, yang menyebabkan Trump berkewenangan memberi sanksi Iran.

Baca Juga:

Kronologis Tewasnya Penyelam, Evakuasi Pesawat Lion di Laut

Wakil Ketua DPR Tersangka Koruptor Ditahan KPK, Malah Ketawa

5 Manfaat Jahe Bagi Kecantikan

Sementara itu, berbeda dengan Trump, istilah Winter is Coming yang dipakai Jokowi untuk menggambarkan kondisi dunia.

Jokowi mengatakan, hubungan negara-negara ekonomi maju seperti tengah mengalami keretakan.

Dalam pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia di Bali Oktober lalu, Jokowi menyebut ‘Winter is Coming,’ menandakan akan datangnya ancaman besar, jika kondisi tersebut tak segera diatasi. (*)