Ilustrasi kopi

@Rayapos | Jakarta – Banyak orang yang menjadikan minuman berkafein, terutama kopi sebagai minuman yang wajib dikonsumsi setiap hari. Jika belum mengkonsumsi minuman tersebut, hidup mereka seperti ada yang kurang.

Kopi memang diyakini bisa menambah semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.Tak hanya itu, minuman yang satu ini juga ternyata dapat mencegah penyakit jantung bahkan stroke.

Dari berbagai kebaikannya, konsumsi kopi setiap hari memang tidak salah. Namun hal tersebut menjadi masalah jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak. Konsumsi yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai efek buruk bagi tubuh, seperti mengganggu pola tidur, menimbulkan keluhan migrain, jantung berdebar, dan nyeri ulu hati.

Dilansir klikdokter.com, efek buruk kopi terkait dengan kandungan kafein didalamnya. Memang, batas toleransi kafein pada setiap orang berbeda-beda satu sama lain. Hal ini tergantung pada usia, riwayat penyakit, dan respons tubuh terhadap kafein itu sendiri.

Pada beberapa orang, konsumsi sedikit kafein saja sudah bisa menimbulkan efek jantung berdebar-debar. Sementara beberapa lainnya, tidak mengalami keluhan apapun meski telah mengonsumsi beberapa cangkir kopi.

Pada kasus yang langka, terlalu banyak mengkonsumsi kafein bisa menyebabkan overdosis. Apabila mengonsumsi 30 cangkir kopi dalam waktu berdekatan, maka seseorang akan mengalami muntah, sakit perut, kehilangan kesadaran, bahkan hingga kejang.

Lalu, berapa batas aman konsumsi kopi?

Menurut European Food Safety Authority, batas aman konsumsi kafein bagi orang dewasa tanpa riwayat penyakit tertentu adalah 400 mg per hari. Jumlah ini setara dengan 4 cangkir kopi, 10 kaleng minuman bersoda, atau 4 kaleng minuman berenergi.

Jumlah tersebut juga aman untuk orang dewasa dengan berat badan normal. Namun, bila Anda termasuk dalam kategori berat badan kurang, maka artinya jumlah kafein yang Anda konsumsi harus lebih rendah dari itu.

Pun demikian dengan wanita hamil dan menyusui memiliki batas aman yang berbeda. Jumlah kafein yang aman dikonsumsi adalah 200 mg per hari atau setara dengan 2 cangkir kopi.

Sedangkan anak-anak tidak disarankan minum kopi. Sebab kafein dapat mengganggu pola tidur anak-anak, sehingga tumbuh kembangnya akan terganggu.

Nikmatilah kopi secukupnya agar kesehatan selalu terjaga.

BAGIKAN