(FOTO: RAYAPOS/ANDREW TITO)

@Rayapos | Jakarta – Polres Metro Jakarta Barat kembali ungkap kasus peredaran narkoba. Satu pelaku pembuat sekaligus pengedar bernama Antonius Wongso alias Phengchun (56), ditangkap saat sedang produksi sabu di pabriknya.

Pabrik sabu home industri sabu berkualitas “high” itu berlokasi di Perum Metland Jalan Kateliya Elok II no 12b , Cipondoh Tangerang, digerebek, Rabu (8/8/2018),

Kapolres Jakarta Barat, Kombespol Hengki Hariady mengatakan pengungkapan pabrik sabu rumahan tersebut berdasarkan penyelidikan pertama, tertangkap salah satu pengecer sabu di kawasan Jakarta Barat.

“Pengungkapan pabrik sabu rumahan ini, sudah kami selidiki selama satu minggu lamanya, dimana di awal pengungkapan tertangkap pengecer di Jakarta Barat, yang mengaku mendapatkan sabu dari sini,” ujar Hengki.

Baca juga:

Jokowi Ungkapkan Bocoran Nama Cawapres, Begini Katanya

Luna Maya Keberatan Kasus Video Dewasanya Diungkit Lagi

Ferin yang Dibakar Hidup-hidup Gadis Cantik Pemberani

Bedasarkan pemeriksaan, di ketahui pelaku merupakan residivis kasus yang sama yang sebelumnya juga tertangkap Polres Metro Jakarta Barat pada 2010.

“Ternyata keluar penjara, ilmu pelaku ini makin tinggi, pelaku kemudian mempertajam ilmunya dengan cara membuat sabu dari internet, pengakuannya,” ujarnya.

Lanjut Hengki, berdasarkan penyelidikan pula, pelaku sudah memproduksi sabu usai bebas penjara sejak Mei 2017, dalam satu minggu, kata Hengki, pelaku mampu menciptakan 300 gram sabu berkualitas sangat baik, bahkan kualitas sabu buatan pelaku, dikatakan lebih bagus dibanding sabu Import dari luar negara.

“Sabu buatan pelaku ini kita tes, mengandung Metaphetamine yang lebih banyak dibanding dengan sabu Import yang biasa kita tangkap, artinya sabu ini jika di konsumsi, memiliki efek fly yang tidak biasanya,” ujar Hengki.

“Pelaku mampu membuat lebih dari satu Kg sabu perbulannya,bayangkan berapa banyak pelaku sudah membuat sabu sejak Mei 2017 lalu,” tambah Hengki.

Dikatakan Hengki, pelaku membuat sabu dengan kualitas super tersebut dengan menggunakan bahan bahan dasar obat obat batuk, dan juga zat zat kimia yang bisa di dapat denganmudah di pasaran.

“Bahan dasarnya kebanyakan bisa di dapat dengan mudah di pasarnya, ada soda api dan air keras, dan juga obat obat batuk yang biasa terjual di apotik, kita tidak bisa sebutkan namanya,” ujar Hengki.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti sabu 2,5 Kg yang siap edar. Dan juga berbagi bahan baku pembuatan sabu serta alat alat laboratorium yang digunakan pelaku untuk membut sabu.