Papua Agendakan Evaluasi Beasiswa Studi Luar Negeri

@Rayapos | Jayapura: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua rencananya akan melakukan evaluasi terhadap pemberian beasiswa studi dengan meninjau ulang perantara atau pihak ketiga yang sering digunakan untuk mengurus kebutuhan mahasiswa Bumi Cenderawasih yang menempuh pendidikan di luar negeri.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Elia Loupatty, di Jayapura, Jumat(27/1), mengatakan pada prinsipnya, jika permasalahan beasiswa ini dapat ditangani secara profesional, sebaiknya menggunakan orang sendiri.

“Pasalnya, jika koordinasi kami dengan kementerian luar negeri semakin baik, maka pihak ini akan menjadi penolong yang luar biasa dalam menyelesaikan permasalahan tersebut,” katanya.

Menurut Elia, untuk itu ke depannya Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) akan langsung mentransfer ke kampus tempat mahasiswa yang menjalankan studi.

“Sedangkan ongkos kehidupan anak-anak Papua ini untuk sehari-harinya akan dikirim langsung ke rekening para mahasiswa,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk itu Pemprov Papua meminta kepada mahasiswa Bumi Cenderawasih yang sedang melaksanakan studi di luar negeri dengan biaya yang cukup besar agar dapat menjalankan ilmunya dengan baik.

“Jadi kami berharap anak-anak Papua yang menempuh studi di luar negeri dengan biaya besar dapat menjalani dengan baik sehingga ke depannya dapat diaplikasikan secara maksimal,” katanya lagi.

Sebelumnya, muncul isu bahwa beberapa mahasiswa Papua yang menempuh kuliah di Amerika Serikat terlantar akibat distribusi beasiswa terlambat sehingga mengundang kepedulian beberapa anggota dewan lalu mempertanyakan perihal tersebut ke pemerintah daerah setempat.

Comments

comments

LEAVE A REPLY