FOTO: Galuh Ratnatika

@Rayapos.com | Jakarta – Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri berhasil mengungkap jaringan pembuat uang palsu di Jawa Barat.

Direktur Tipideksus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya mengatakan, pihaknya telah menangkap lima orang tersangka di balik pembuatan uang palsu. Kelima tersangka tersebut berinisial AY (44), AS (50), CM (33), TT (51), dan BH (38)

“Hasil yang kita dapatkan kali ini kita bisa menangkap 5 orang, mereka adalah sindikat pembuat uang palsu emisi baru, emisi tahun 2016,” ujar Agung di Gedung KKP Bareskrim Polri, Kamis (7/12/2017).

Keelima tersangka itu ditangkap setelah Subdit Uang Palsu melakukan operasi Marathon di wilayah hukum Polda Metro dan Polda Jawa Barat, selama lima hari.

Tak hanya itu, uang palsu yang diproduksi sebanyak 2.700 lembar dalam pecahan Rp 100 ribu emisi terbaru, belum sempat beredar di kalangan masyarakat.

FOTO: Galuh Ratnatika
FOTO: Galuh Ratnatika

“Mereka belum sempat mengedarkan, dan kita bisa melakukan penegakan hukum. mengungkap dari pengedar, pembuat, pemodal, sampai dengan alat-alat yang digunakan untuk membuat uang palsu tersebut,” pungkasnya.

Kelima tersangka pembuat uang palsu dijerat dengan pasal 36 ayat (1), ayat (2), ayat (3), pasal 37 UU Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang jo 55 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun.

Editor : Danang

BAGIKAN