Pemkab Biak Programkan Pembayaran Proyek Luncuran

@Rayapos | Biak: Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, memprogramkan proyek luncuran 2017 untuk membayar pekerjaan proyek fisik 2016 yang belum terbayar kepada para kontraktor dari berbagai satuan kerja perangkat kerja daerah.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Pemkab Biak Numfor Enias Rumbewas di Biak, Rabu (25/1), membenarkan pemkab masih mempunyai tanggungan hutang bagi pembayaran pekerjaan proyek fisik pada 2016.

“Pelunasan tagihan proyek pemerintah pada 2016 untuk seratusan paket pekerjaan dijadwalkan akan dibayarkan dengan luncuran program 2017,” katanya.

Ia mengharapkan dengan belum terbayarnya pekerjaan fisik proyek pada berbagai pengusaha kontraktor maka hal itu menjadi kewajiban pemerintah kabupaten untuk merealiasikan pembayaran piutang pada 2017.

Kepada pengusaha kontraktor di Biak, menurut Enias Rumbewas, diminta bersabar untuk menunggu proses pembayaran pekerjaan proyek fisik 2016.

“Pemkab akan membayar dana pekerjaan proyek fisik yang tertunda di tahun 2016 setelah mendapatkan droping anggaran dari pemerintah pusat,” ujar Enias yang juga Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah Pemkab Biak itu.

Disinggung tagihan penundaan pembayaran proyek mencapai Rp300 miliar, ia membantah jumlah anggaran yang dilaporkan pengusaha kepada kejaksaan negeri setempat itu.

“Tagihan proyek 2016 yang tertunda pembayarannya tidak sebanyak yang dilaporkan, ya angka pastinya saya tidak hafal rinciannya,” ujarnya.

sebelumnya, Kepala Kejaksaan Negeri Biak I Made Jaya Ardana mengatakan penyidik Kejaksaann Negeri Biak sudah menerima laporan pengaduan dari kalangan pengusaha terkait dengan pembayaran pekerjaan proyek fisik Pemkab Biak Numfor pada 2016.

“Penyidik pidana khusus kejaksaan negeri masih melakukan verifikasi dan pengumpulan bahan keterangan terhadap laporan pengusaha kepada Pemkab Biak Numfor,” katanya.

Berdasarkan data, pekerjaan proyek fisik 2016 sebanyak 274 paket yang belum terbayar dengan jumlah tagihan mencapai Rp300 miliar lebih tersebar di berbagai SKPD lingkup Pemkab Biak Numfor.

Comments

comments

LEAVE A REPLY