Pemkab Musi Banyuasin Libatkan Akademisi Kembangkan Pariwisata

@Rayapos | Musi Banyuasin: Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melibatkan akademisi untuk mengembangkan sektor pariwisata menjadi sumber pendapatan asli daerah yang bisa diandalkan mendukung berbagai program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kabupaten ini memiliki potensi pariwisata yang cukup besar, namun karena belum dikelola secara serius belum memberikan kontribusi besar bagi pendapatan asli daerah,” kata Asisten II Setda Kabupaten Musi Banyuasin Sulaiman Zakaria, di Sekayu, Kamis (26/1).

Menurut dia, untuk memanfaatkan potensi pariwisata daerah ini, diperlukan masukan dari akademisi sehingga bisa dilakukan kebijakan yang tepat sebelum membangun dan mengembangkannya.

Masukan dari akademisi seperti dari Universitas Sriwijaya dan beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Sumsel lainnya sangat diharapkan, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam menerapkan kebijakan pembangunan dan pengembangan pariwisata.

Selain masukan dari akademisi, pihaknya juga mengharapkan dukungan dari perusahaan berskala nasional dan internasional yang beroperasi di Musi Banyuasin “Kami mengharapkan perusahaan-perusahaan yang ada di kabupaten ini memberikan kontribusi untuk pembangunan pariwisata dalam bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility/CSR,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pengembangan sektor pariwisata sangat penting dalam peningkatan pendapatan asli daerah dan mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif masyarakat.

Jika potensi pariwisata di suatu daerah dikelola dan dikembangkan dengan baik bisa bersaing dengan industri perminyakan yang hingga kini menjadi sumber PAD terbesar Musi Banyuasin, kata Sulaiman.

Sementara Wakil Ketua Rektor 4 Universitas Sriwijaya Ahmad Muslim menambahkan pihaknya siap membantu melakukan penelitian untuk mengembangkan pariwisata di salah satu kabupaten Sumsel penghasil minyak dan gas bumi itu.

“Melalui penelitian akademisi diharapkan dapat digali lebih banyak potensi pariwisata kabupaten ini, dan membantu Pemkab Musi Banyuasin dalam mengambil kebijakan serta menentukan langkah pembangunan,” ujarnya. [ant]

Comments

comments

LEAVE A REPLY