Pemkot: Asia Tenggara Tujuan Favorit TKI Pekalongan

@Rayapos | Pekalongan: Kawasan Asia Tenggara masih menjadi tujuan favorit para tenaga kerja Indonesia asal Kota Pekalongan Jawa Tengah, kata Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Pemerintah Kota Pekalongan, Wahyudi Pontjo Nugroho.

“Hingga kini, TKI Pekalongan lebih memilih negara tujuan bekerja Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam,” kata Wahyudi di Pekalongan, Senin (30/1).

Ia yang didampingi Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja, Pelatihan dan Produktivitas, Lelita Damayanti mengatakan bahwa selama 2016, Pemkot Pekalongan telah memberangkatkan tenaga kerja Indonesia (TKI) ke sejumlah negara Asia.

Kendati demikian, kata dia, sebagian besar TKI memilih negara tujuan Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Hongkong.

“Pada awal Januari 2017 sudah ada dua TKI yang mendaftar bekerja keluar negeri,” katanya.

Ia mengatakan informasi lowongan bekerja di luar biasanya disampaikan oleh Perusahaan Pengerah Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) ke dinas terkait.

“Dinas terkait kemudian membuat surat rekomendasi dan surat perjanjian kerja sebagai pengaman untuk masing-masing pekerja apabila terjadi permasalahan dalam proses kerja,” katanya.

Ia menambahkan hingga kini, minat masyarakat bekerja di luar negeri masih cukup tinggi. “Kami mengimbau masyarakat agar mendaftarkan diri pada PPTKIS resmi apabila ingin bekerja di luar negeri,” katanya. [ant]

Comments

comments

LEAVE A REPLY