Pemkot Palembang dorong penempatan dokter di puskesmas

Wali Kota Palembang Harnojoyo. (Foto: ANTARA News)

@Rayapos.com | Palembang: Pemerintah Kota Palembang mendorong penempatan dokter di setiap puskesmas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Kamis, mengatakan, upaya itu dapat terealisasi di tahun ini karena alokasi dana APBD bidang kesehatan sebesar 25,35 persen dari APBD Tahun 2017.

“Layanan kesehatan merupakan salah satu fokus kami untuk terus ditingkatkan. Keberadaan tenaga dokter tentunya menjadi salah satu indikatornya,” ujar Wali Kota.

Alokasi dana APBD bidang kesehatan Kota Palembang telah melebihi ketentuan Undang-Undang yang seharusnya 10 persen.

Harnojoyo mengatakan bahwa hal ini menunjukkan bahwa layanan kesehatan merupakan fokus utama pemerintah kota.

Pemkot berharap justru pada tahun mendatang anggaran kesehatan bisa dinaikan lagi agar tenaga dokter spesialis juga bisa ditempatkan di puskesmas.

“Beberapa puskesmas sudah ada dokter spesialisnya, saya harap tahun-tahun mendatang akan lebih banyak lagi,” kata dia.

Dengan begitu maka diharapkan Angka Harapan Hidup di Kota Palembang akan terus meningkat. Pada 2014 yaitu 69,80 tahun dan 2015 menjadi 70 tahun.

Plt Kadinkes Kota Palembang Letizia mengatakan, saat ini beberapa puskesmas di Palembang sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

“Dengan sistem pengelolaan keuangan mandiri ini membuat pusat pelayanan kesehatan masyarakat dapat lebih profesional,” kata dia.

Sebelumnya layanan dokter hanya dijumpai di 41 puskesmas utama, tapi pada 2017 sudah ada di 70 puskesmas pembantu.

Sumber: Antara

Comments

comments