Marbot di salah satu masjid

@Rayapos | Jakarta – DPRD DKI Jakarta menyetujui penambahan anggaran hibah untuk Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta menjadi Rp 18 miliar. Bantuan hibah untuk DMI ini dikoordinatori Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta.

Kepala Biro Dikmental Jafar Abdul Malik menjelaskan, hibah untuk DMI ini berbeda dengan hibah bantuan rehab masjid.

Baca juga:

Farhat Posting ‘Pilih Jokowi Masuk Surga’, Malah Disalahkan PKB

Video “Ganti Sistem” Diucapkan Jubir HTI, Akhirnya Dipolisikan

Fadli Zon Minta Iklan Bendungan ‘Jokowi’ Dicopot, Ini Reaksi Kominfo

Proyeksi hibah untuk DMI ini, untuk biaya umroh 167 marbot. Namum ada penambahan dari komisi E DPRD DKI Jakarta untuk pendamping yang diambil dari masing-masing kelurahan.

“Oh berbeda. Karena ini pertama ada usulan dari anggota dewan komisi E penambahan program umroh (167 marbot) dengan harapan sehingga kelurahankan ada 267 (kelurahan). Sehingga ada perwakilan masing-masing kelurahan,” kata Jafar saat dihubungi Rayapos, Rabu (12/9/2018).

Kedua untuk penggunanan biaya operasioanal tempat ibadah yang terdata dalam DMI, sebanyak 3.148 masjid dan 1.000 mushollah.

Jafar memaparkan, biaya oprasional masjid dan mushollah ini sudah teralokasikan untuk pembayaran air, telepon dan listrik dan kegiatan keaagamaan yang nominalnya diberikan selama empat bulan sebesar Rp 5 Juta.

“Selama empat bulan itu akan diberikan bantuan sebesar Rp 5 juta. Sehingga kalkulasinya per bulan per masjid Rp 1,25 juta,” tuturnya.

Sedangkan untuk 1.000 mushalah yang terdata oleh DMI bakal menerima bantuan hibah sebesar Rp 2,5 juta selama empat bulan.

“Sudah ketuk palu, itu akan diberikan selama empat bulan itu, sebesar Rp 2,5 juta dengan urain per bulan musallah akan mendapatkan Rp 625 ribu,” pungkasnya.

Sebelumnya usulan hibah untuk Dewan Masjid Indonesia ini mendapat sorotan dari DPRD DKI Jakarta.

Salah satu pimpinan Badan Anggaran Mohammad, ia mempertanyakan perbedaan DMI dan Masjid, menurut Taufik DMI adalah organisasi sedangkan masjid adalah rumah ibadah.

Dari pengertian tersebut ia mengira bantuan hibah DMI iji sama dengan bantuan hibah rehab masjid.

“Bedanya apa DMI sama Masji DMI kan organisasinya, ini ada juga usulan rehab masjid dan tempat Ibadah,” kata Taufik.

BAGIKAN