Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno. (FOTO: Feri Kodri)

@Rayapos | Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menyatakan, akan mempercepat rencana pembangunan elevated loop line (pelintasan kereta layang), untuk mengurangi kemacetan Jakarta.

“Kita ingin mempercepat bersama PT KAI karena Perpres-nya sudah diterbitkan. Jadi Pemprov bersama PT KAI akan mengambil inisiatif untuk memastikan karena banyak persimpangan yang mengakibatkan kemacetan jadi kita akan angkat lintasan keretanya dalam konsep elevated loop line,” ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, (8/1/2018).

Baca jugaSelena Gomez Memohon Kepada Ibunya Untuk Berdamai?

Selain itu, Sandi dengan Menteri BUMN Rini Soemarno juga membahas mengenai pembangunan elevated loop line. ia berharap semoga tahun ini proses pembangunan sudah bisa dimulai.

“Mudah-mudahan tahun ini bisa mulai diinisiatifkan. Kebetulan BPTJ susah akan memulai kajian detail engineering design (DED) jadi kami mendorong, PT KAI bersama Pemprov DKI bersama-sama mendorong,” kata Sandi.

Baca jugaBerusia 92 Tahun, Mahathir Mohamad Maju Lagi Sebagai Kandidat PM Malaysia

Menurut Sandi, pembangunan elevated loop line lebih efektif dibanding flyover dan underpass. Karena, perlintasan melayang dapat membuat integrasi antarmoda menjadi gampang.

“Dari pada setiap kali kita membangun flyover dan underpass. Itu tidak menyelesaikan masalah. Jadi kita angkat lintasan keretanya hingga menimbulkan integrasi yang lebih baik dan ada TOD yang lebih berdampak kepada pengurangan kemacetan dan berdampak pada pemberian lapangan kerja,” tandasnya.

Editor: Danang