Pemprov DKI Tak Bisa Paksa Ratna Sarumpaet Kembalikan Rp 70 Juta

@Rayapos | Jakarta – Plt Disparbud DKI Asintoro menyebut Rp 70 juta yang diberikan untuk Ratna Sarumpaet tak perlu dikembalikan meskipun ia gagal berangkat ke Chile.

Sementara, Kepala Seksi Promosi Luar Negeri Disparbud DKI Jakarta Sherly Yuliana menjelaskan  Ratna Sarumpaet hanya bisa mengembalikan Rp 10.107.156.

Baca juga:

Ratna Ahoker atau Wowower? Jadi Bahan Lempar Masalah

Tabliqh Akbar di Monas Kedatangan ‘Ustaz Sandiaga Uno’

Dia menjelaskan alasan Ratna Sarumpet tak bisa mengembalikan semua uang tersebut lantaran uang tiket pesawat tidak bisa dikemabalikan. Total harga tiket pesawat sebesar Rp 50.380.000.

Sherly beralasan Ratna membeli tiket promo dengan harga termurah, sehinga bila batal uang tiket dianggap hangus.

Dia pun mengaku pihak Disparbud sudah menghubungi Ratna Sarumpaet agar mengembalikan uang tersebut.

“Pihak bu Ratna sih udah tahu. Iya benar (tidak bisa dikembikan) karena itu harga promo, harga terendah. Bukan tiket promo flat atau ekonomi fleksi. Jadi itu tiket ekonomi promo. Tapi seandainya harga lebih mahal bisa dikembalikan. Itu perbedaannya,” kata Sherly saat dihubungi, Selasa (9/10/2010).

Pun demikian untuk uang sewa hotel, kata Shery juga dianggap hangus sebab Ratna Sarumpet sudah terlanjur mentansfer uang sebesar Rp 9.750.000 untuk biaya penginapaan dari 6 Oktober hingga 8 Oktober 2018.

“Berarti sudah dianggap tidak bisa kembali, hangus juga,” jelasnya.

Untuk pengembalian uang dalam jumlah utuh, menurut Shery, pihaknya tidak bisa memaksa mertua Rio Dewanto itu.

“Jadi pada saat itu dia kan sudah terjadwal, dan dia sudah terjadwal untuk tampil sebagai opening. Jadi kalau kita memaksa mereka kembalikan uang itu nanti malah jadi kami yang dituntut,” tandasnya.

BAGIKAN