Pemprov Jambi Tegur Pemkab Menunggak Iuran BPJS

@Rayapos | Palangka Raya: Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya Kalimantan Tengah mengungkapkan pengembagan tanaman jeruk di wilayah itu terkendala kondisi lahan.

“Dari beberapa uji coba yang dilakukan terhadap beberapa varietas jeruk, ternyata hasil penen yang diperoleh petani belum maksimal. Kemungkinan besar ini terjadi karena perbedaan unsur hara yang terkandung di tanah itu,” Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Pelaksana Penyuluh dan Ketahanan Pangan Pemkot Palangka Raya, Ikhwansyah di Palangka Raya, Jumat (20/5).

Ihkwansyah mengatakan bahwa perbedaan unsur hara tersebut sangat berpegaruh terhadap rasa buah jeruk yang dihasilkan petani.

“Jeruk madang itu rasanya manis, tetapi setelah kami coba budidayakan di sini ternyata rasanya tak semanis aslinya. Entah karena di sini tanahnya pasir atau apa itu yang masih akan diteliti lebih lanjut,” katanya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pertanian “Kota Cantik” Palangka Raya itu pun meminta pihak terkait lainnya seperti Badan Penelitian Pengembangan Inovasi dan Teknologi kota setempat dapat menemukan solusi terkait persoalan tersebut.

“Kami juga minta Balitbang untuk melakukan kajian dan penelitian agar jeruk yang dihasilkan petani ini dapat semanis aslinya. Pupuk jenis apa atau komposisi yang bagaimana agar perkembangan budidaya ini hasilnya dapat maksimal,” harapnya.

Ia mengatakan pada 2016 ini, pihaknya juga akan mencoba mengembangkan budidaya jeruk dengan total area seluas 50 hektare.

Beberapa wilayah pertanian yang digunakan sebagai proyek percontohan pengembangan buah berwarna kuning ketika masak itu di antaranya berada di kawasan Kecamatan Bukit Batu, Kecamatan Sebangau dan Kecamatan Banuturung.

“Pada tahun 2015 lalu Palangka Raya mendapat alokasi budidaya jeruk sekitar 10 ha dan sempat dikembangkan di Kameloh Baru, Kecamatan Sebangau,” kata Ikhwansyah.

Dia mengatakan bibit untuk program tersebut berasal dari pemerintah pusat melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Meski demikian pihaknya siap mendukung program tersebut dengan memberikan pupuk secara gratis kepada petani.

 

[Antara]

BAGIKAN

LEAVE A REPLY