Pemprov Kaltara Rancang 9 Jalur Kereta Api

Pemerintah provinsi Kalimantan Utara merancang sembilan jalur kereta api sebagai isu strategis yang dapat menghubungan sejumlah daerah yang sulit dijangkau dengan transportasi darat lainnya. (Foto : jurnalpagi.com)

@Rayapos | Nunukan: Pemerintah provinsi Kalimantan Utara merancang sembilan jalur kereta api sebagai isu strategis yang dapat menghubungan sejumlah daerah yang sulit dijangkau dengan transportasi darat lainnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang Perhubungan Udara dan Perkeretaapian, Andi Nasuha, Jumat menyatakan, transportasi kereta api dapat meningfkatkan konektivitas antarmoda melalui pembanguna akses pelabuhan, bandara dengan kawasan industri.

“Kereta api sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pelayanan transportasi untuk konektivitas pelabuhan, bandara dan kawasan industri,” ujar dia melalui keterangan tertulis Humas Pemprov Kaltara.

Ia menyebutkan, terdapat sembilan jalur yang dirancang untuk jalur kereta api sesuai hasil studi kelayakan untuk dikembangkan di luar jalur nasional.

Menurut Andi Nasuha, pemerintah (pusat) telah merancang pembangunan jalur kerata api di Provinsi Kaltara pada 2020. Jalur kereta api Tanjung Selor menuju Mangkupadi Kabupaten Bulungan sepanjang 75 kilo meter menjadi skala prioritas.

Ia menegaskan, jalur tersebut masuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berdasarkan keputusan Kementerian Perindustrian. Selain itu, jalur yang telah dirancang adalah Tanjung Selor-Tanjung Redeb Kabupaten Berau (Kaltim) dan Tanjung Selor-Long Bia.

Andi Nasuha menyatakan pula, terkait laporan hasil studi kelayakan itu maka 2017 akan direncanakan penyusunan detail enginering design (DED) menggunakan dana APBD dilanjutkan 2018 untuk penyusunan amdal. [ant]

Comments

comments