Pemprov Koordinasikan Pengamanan HPN 2017

@Rayapos | Ambon: Dalam rangka menyukseskan penyelenggaraan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Kota Ambon, 1-10 Februari 2017, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menggelar rapat pemantapan pengamanannya.

Rapat pemantapan ini dipimpin Wakil Gubernur (Wagub) Maluku, Zeth Sahuburua, di Kantor Gubernur Maluku, Rabu (25/1). Rapat ini melibatkan Panitia Daerah HPN 2017 Bidang Keamanan, Acara, Pameran, Transportasi dan Akomodasi. ”Saya tidak menginginkan pengamanan hanya saat puncak peringatan HPN pada 9 Februari 2017 yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo, karena rangkaian kegiatan sejak 1 Februari sangat strategis bagi percepatan pembangunan Maluku,” ujarnya.

Untuk itu, jelasnya, dalam rapat ini masing-masing kesatuan, baik TNI maupun Polri, diarahkan memantapkan skenario pengamanan sesuai dengan jadwal kegiatan yang telah dikoordinasikan Panitia Daerah dan Pusat dengan kehadiran Presiden yang diatur Paspampres. ”Rasanya peringatan HPN jumlah pesertanya tidak sebanyak penyelenggaraan MTQ Nasional XXIV di Ambon pada 8-15 Juni 2012 maupun Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XI Nasional pada 2-10 Oktober 2015. Namun, stabilitas keamanan yang kondusif haruslah dipelihara karena strategis dalam menentukan suksesnya HPN 2017,” jelasnya.

Penyelenggaraan HPN sendiri, tegasnya, sangat strategis bagi pembangunan Maluku dan stabilitas keamanan menjadi salah satu penentu bagi investor untuk menanamkan modalnya. “Jadi masyarakat haruslah berperan serta memelihara stabilitas keamanan dengan mendukung personil TNI dan Polri, sehingga terealisasi sukses penyelenggaraan, target kegiatan dan pertanggung jawaban keuangan sebagaimana MTQ maupun Pesparawi Nasional,” tegasnya.

Dijelaskannya, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan pada pra-HPN dengan melibatkan siswa SMA, mahasiswa, masyarakat dan berbagai komponen bangsa lainnya. Penyelenggaraan HPN 2017 sendiri, telah dipersiapkan setelah peluncuran tingkat nasional di Jakarta pada 23 Juli 2016 dan di Ambon pada 8 September 2016. ”Jadi pada prinsipnya Maluku bertekad menjadi tuan rumah penyelenggaraan yang sukses dengan dampaknya bagi optimalisasi program pembangunan serta mekanisme pemerintahan dan pelayanan sosial yang dilandasi tema ‘Pers Dan Rakyat Maluku Bangkit Dari Laut,” terangnya.

Kesempatan yang sama, Ketua Umum Panitia Daerah HPN 2017, Hamin Bin Thahir, menyampaikan harapan HPN 2017 akan berdampak positif untuk mendirikan Institut Teknologi Ambon (ITA), pembangunan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dan pembangunan perkampungan multikultur.

Bukan itu saja, tambahnya, juga untuk merealisasikan program Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN), perwujudan Provinsi Kepulauan bersama 6 provinsi lain dan mempersiapkan SDM berkualitas menjelang pengoperasian Blok Migas Masela.

Ditambahkannya, PWI Pusat melalui Ketuanya, Margiono, telah menjamin mendukung program-program strategis yang dibutuhkan Maluku dalam rangka mengoptimalisasi pengelolaan potensi SDA guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ”Saya optimistis HPN 2017 yang diperjuangkan Gubernur Maluku, Said Assagaff dengan dukungan Ketua DPRD setempat, Edwin Huwae, maka sukses penyelenggaraan, prestasi dan pertanggungjawaban keuangan,” pungkasnya.

Comments

comments