Pemprov Papua Apresiasi Kinerja Telkom Perbaiki Internet

PT Telkom Indonesia (Foto: Istimewa)

@Rayapos | Jayapura: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua memberikan apresiasi terhadap kinerja maksimal PT Telkom Witel setempat dalam memperbaiki jaringan internet untuk wilayah Bumi Cenderawasih yang mengalami gangguan sebulan terakhir ini pascagempa.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Papua Elia Loupatty, di Jayapura, Senin, mengatakan PT Telkom Witel Papua secara resmi mengumumkan jaringan telepon seluler maupun internet di Kota dan Kabupaten Jayapura kembali normal mulai Jumat (27/1) pukul 22.15 WIT.

Jaringan internet dan telpon kembali normal usai perbaikan pada jaringan Sulawesi Maluku Cable System (SMPCS) tuntas dilaksanakan oleh Kapal CS Nusantara Explorer di laut Ormu, Distrik Ravenirara, Kabupaten Jayapura.

“Sejak Sabtu (28/1) semua hubungan komunikasi sudah kembali, normal dan ini kami harap menjadi pengetahuan bagi masyarakat, karena memperbaiki kabel optik, memerlukan waktu yang lama dan memang hanya dikerjakan oleh orang-orang tertentu dan tidak banyak di Indonesia termasuk kapal,” katanya.

Elia menjelaskan dengan selesainya perbaikan kabel optik, diharapkan masyarakat dapat kembali menggunakan jaringan telepon dan internet seperti sedia kala dan berharap tidak terjadi lagi seperti sebelum-sebelumnya.

“Di bawah laut Jayapura hingga Sarmi sebagian dipenuhi oleh lava, meski kami tidak memberi kesimpulan tetapi besar kemungkinan ada bukit atau gunung yang tinggi di bawah laut bahkan ada yang mencapai empat kilo meter,” ujarnya.

Dia menuturkan pihaknya mengapresiasi PT Telkom melalui anak perusahaan PT Telkominfra yang dengan segala upaya mampu menuntaskan perbaikan kabel optik dengan baik.

“PT Telkom mampu mengerjakan dengan baik dan menggunakan bahan dengan kualitas nomor satu, tidak ada yang palsu atau KW,” katanya lagi.

Dia menambahkan meskipun Kapal CS Nusantara Explorer memiliki jadwal yang jelas tetapi kapal ini selalu hadir ketika terjadi kerusakan kabel otpik di Papua. [ant]

Comments

comments