Pemprov Sulteng Duga Adanya Penimbunan Stok Gula

@Rayapos | Palu: Pemprov Sulawesi Tengah menduga adanya penimbunan stok gula pasir yang dilakukan para pelaku usaha di daerah itu untuk mendapat keuntungan lebih besar menghadapi bulan Ramadhan.

“Naiknya harga gula pasir di tingkat pengecer, kemungkinan besar ada tindakan tak terpuji dari para pelaku usaha nakal untuk memanfaatkan momen menjelang Ramadhan karena permintaan masyarakat dipastikan meningkat,”kata Asisten II Pemprov Sulteng, Elim Somba di lokasi pasar murah di kawasan Pasar Masomba Palu, Jumat.

Elim mensinyalir adanya distributor dan pedagang yang menyembunyikan stok, lalu menaikan harga dengan alasan bahwa perseduaan gula pasir kurang.

Menurut dia, sebenarnya stok gula dan kebutuhan lainnya cukup aman.

Hanya saja, kata dia, ada pelaku usaha yang bermain disini khusus satu komoditi startegis yaitu gula pasir sehingga hargtanya di pasaran cenderung terus bergerak naik.

Karena itu, kata Elim, akan meminta petugas untuk mengusutnya. “Kami akan menurunkan tim khusus bersama polisi melakukan monitoring ke gudang-gudang distributor,” kata dia.

Jika ada yang menimbun stok, maka bersangkutan akan di proses sesuai hukum yang berlaku.

Ia mengatakan dalam rangka menstabilkan gejolak harga gula pasir di pasaran, Pemprov Suleng bekerja sama PT Purusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) Cabang Sulteng melakukan pasar murah.

Pasar murah dilakukan di salah satu pasar tradisional di Kota Palu dan mendapat perhatian besar dari masyarakat. Sampai pihak PT PPI kewalahan melayani para pembeli.

Kegiatan tersebut khusus hanya menjual gula pasir dengan harga miring Rp12.500/kg. Di pasaran umum harga gula pasir berkisar antra Rp16.000 sampai Rp17.500/kg.

Selisihnya, kata Elim cukup mencolok. Harga yang ditawarkan di pasar murah sesuai standar pemerintah pusat untuk sekitar Paulau Jawa Rp11.500/kg dan diluar Pulau Jawa, termasuk di Palu Rp12.500/kg.

Masyarakat sangat menyambut positif kegiatan pasar murah yang dilakukan Pemprov Sulteng dan PT PPI Cabang Sulteng sangat membantu meringankan keuangan rumah tangga karena harganya relatif murah dibandingkan di pasaran umum.

 

[Antara]

BAGIKAN

LEAVE A REPLY