Pengamat LIPI Siti Zuhro

@Rayapos | Jakarta – Partai Gerindra DKI Jakarta menunjuk pengamat LIPI Siti Zuhro untuk duduk di Badan Seleksi Wakil Gubernur (Wagub) DKI pengganti Sandiaga Uno.

Dengan begitu, Siti Zuhro dan Wakil Ketua DPD Partai Gerindra, Syarif, akan menjadi perwakilan Gerindra untuk mengisi struktur badan yang akan bertugas menguji bakal wagub DKi baru ini.

Sementara seperti diketahui, di pihak PKS sendiri sudah menunjuk Ketua DPW PKS Jakarta Syakir Purnomo dan Ketua Fraksi PKS DPRD Suhaimi, untuk duduk di Badan Seleksi Wagub.

Syarif yang juga sekretaris komisi A, DPRD DKI Jakarta ini mengatakan, dengan telah ditunjuknya Siti Zuhro, masuk dalam Badan Seleksi Wagub, Proses penseleksian tinggal dilakukan.

Bahkan menurut Syarif, langkah kerja awal Badan Seleksi Wagub adalah menyusunan kerangka kerja dan timeline.

Rencanya Sabtu 17 november nanti (Gerindra) akan bertemu dengan tim dari PKS di Kantor DPW PKS. Dalam pertemuan tersebut kita akan berembuk menyusun kerangka kerja dan timeline,” kata Syarif kepada wartawan di Gedung DPRD DKI, Kemarin (15/11/2018).

Syarif pun menargetkan nama calon wagub DKI pengganti Sandiga Uno baru bisa diketahui, sebelum tahun 2019.

“Target ada dong, sebelum akhir tahun atau sebelum 2019 udah selesai,” terang Syarif.

Syarif berharap dengan adanya Badan Seleksi ini, bisa memilih wagub baru yang disetujui kedua belah pihak. Sedangkan, kriteria calon pengganti Wagub DKI harus memiliki track record yang baik dan mengerti persoalan Jakarta.

“Dia harus punya track record, kemudian dia acceptable. Pengertiannya dia bisa mengayomi di semua golongan. Kemudian bisa membantu Pak Anies,” ujar Syarif.

Terkait adanya penolakan terhadap dua calon dari PKS oleh beberapa fraksi di DPRD, Syarif mengatakan hal itu merupakan hak dari fraksi. Dia mengaskan pihaknya akan terus bekerja mengamankan instruksi ketua umum Gerindra, Prabowo Subianto.

“Itu (penolakan) itu hak setiap fraksi. Kita tetap jalan terus, ini sesuai perintah dari Ketua Umum,” tutur politisi Gerindra itu.

Gerindra dan PKS sebelumnya saya terkait kandidat nama Wagub yang berasal dari PKS. Nantinya nama kandidat tersebut akan menjalani fit and proper test.

Nama yang saat ini beredar dicalonkan PKS di antaranya adalah mantan Wakil Wali Kota Bekasi, Ahmad Syaikhu dan Sekretaris DPW PKS DKI, Agung Yulianto.

BAGIKAN