Pengamat: Soal Wagub Sulteng Gubernur Paling Menentukan

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola. (Foto: nusantara.rmol.co)

@Rayapos | Palu: Achrul Udaya, seorang pengamat politik mengatakan soal siapa figur yang akan menggantikan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, almarhum H Sudarto, Gubernur Longki Djanggola yang paling menentukan.

“Menurut saya, pak gubernur yang paling tahu siapa bakal calon wakil gubernur yang akan dia pilih,” kata mantan pengurus DPD Partai Gerinda Provinsi Sulteng itu, Senin.

Achrul mengatakan partai pengusung pasangan gubernur terpilih Longki Djanggola/H Sudarto pada pilkada lalu silahkan mengusulkan figur calon Wagub Sulteng untuk mengisi jabatan itu, tetapi yang menentukan adalah tentu Gubernur Longki.

Karena yang memakai atau mendapingi beliau, kata Achrul tentu adalah orang yang bisa bekerja sama untuk menjalankan dan menyukseskan visi-misi dan program pembangunan selama lima tahun ke depan.

“Dan saya kira, pak Longki sangat selektif dalam hal mencari pendampingnya, seperti yang dilalukan pada pilkada sebelumnya sehingga pasangan beliau mendapat mandat terbanyak dari masyarakat di Provinsi Sulteng,” kata dia.

Karena itu, Achrul berharap semua koalisi partai pengusung tidak memaksakan kehendak dalam menentukan siapa yang pas untuk menjadi Wagus Sulteng menggantikan alm H Sudarto.

Menurut dia, tugas koalisi partai pengusung sudah selesai dan telah dibubarkan setelah pasangan Gubernur/Wagub terpilih menjadi pemenang pilkada.

Karena tugas koalisi sudah selesail dan sekarang ini tinggal megawasi program yang telah ditetapkan untuk masa lima tahun mendatang. Koalisi silahkan mengusulkan dan menyarankan, tet5api tidak masing-masing mengusung jagonya, tetapi melihat potensi figus dan pada intinya gubernur yang akan memilih siapa yang cocok untuk mendampinginya.

Gubernur Longki, kata Achrul tidak butuh orang pintar, tetapi yang mau bekerja sama untuk melaksanakan dan menjalankan berbagai program yang telah ditetapkan untuk lima tahun ke depan.

Siapapun yang nantinya dipilih Gubernur Longki sebagai Wakil Gubernur Sulteng menggantikan H Sudarto yang telah meninggal dunia merupakan pilihan terbaik dan kita harus memberikan dukungan penuh.

“Semua pihak harus menerimanya dengan lapang dada dan mendukung penuh agar roda pemerintahan dan pembangunan selama lima tahun mendatang dapat berjalan dan membuahkan hasil yang mengembirakan bagi peningkatan perekonomian masyarakat di provinsi yang terletak di jazirah Pulau Sulawesi ini.

Lagi pula, tambah Achrul tidak ada yang gratis dalam pilkada di Tanah Air.

Sejumlah figur yang berkembang sebagai bakal calon yang akan menggantikan Wagub Sulteng, alm H Sudarto antara lain DR Ir Alimudin Pa’ada, Drs Muh bHIdayat Lamakarate, Drs Mansur Pasande, H. Zainal Daud dan Oscar Paudi.

Sejumlah warga di Palu tidak mempersoalkan saol wagub karena Gubernur Sulteng Longki Djanggola pasti memilih orang yang tepat untuk menjadi pendampingnya.

“Terbukti saat pilkada, beliau dan pasangannya bisa memenangkan pemilihan Gubernur Sulteng karena memilih orang yang tepat,” kata Suban, seorang warga Palu.

Hal senada juga disampaikan Budi, seorang warga Kabupaten Sigi. Ia juga mengatakan siapapun yang terpilih menjadi Wagub Sulteng, pasti merupakan putra terbaik di Provinsi Sulteng dan tidak melihat dari keterwakilan suatu daereah di provinsi ini.

“Marilah kita serahkan saja kepada pak Gubernur Longki karena beliau sendiri yang akan menggunakannya. Saya pikir pak Longki sudah punya pilihan dan pilihan itu tentu yang terbaik,” kata Budi. [ant]

Comments

comments