Pengamat: Untuk Partai Sekaliber Golkar, Dua Kursi Menteri Kabinet Adalah Hal Wajar

@Rayapos | Jakarta: Partai Golkar kini sudah tidak lagi menjadi partai oposisi pemerintah, setelah Setya Novanto (Setnov) sebagai Ketua Umum yang baru memutuskan beringin akan menjadi salah satu penyangga pemerintahan Presiden Jokowi.

Pertanyaan menarik yang muncul adalah, akankah Golkar menerima jatah menteri dalam Kabinet Kerja dan jika iya, berapa kader beringin yang akan bergabung dalam kabinet?

Isu kocok ulang yang sempat menghangat sejak awal tahun 2016, sampai hari ini belum dilaksanakan oleh Presiden Jokowi. Apakah reshuffle akan dilakukan setelah Golkar pasti merapat, walahuallam. Yang jelas, di samping Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga tengah menunggu berapa jatah menteri yang akan mereka terima, setelah terlebih dahulu menyatakan mendukung pemerintahan Jokowi.

Selentingan telah beredar bahwa paling sedikit, ada dua kader beringin yang akan mengisi kabinet pemerintahan Presiden Jokowi.

“Pantasnya dapat dua menteri lah. Tidak mungkin sekelas Golkar cuma satu,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari di gedung DPR, Jakarta, Kamis (19/5).

Menurut Qodari, dua kursi menteri cukup sepadan dengan kapasitas Golkar yang cukup signifikan di parlemen. Ia mengatakan bahwa Partai Golkar akan memiliki hubungan harmonis dengan pemerintah di bawah komando Setnov.

“Ciri Setya Novanto sebagai tokoh politik itu banyak temannya. Figur yang pandai membangun, tangguh dan nggak ada matinya,” pungkas Qodari.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY