Penguatan Hubungan Indonesia Dan Venezuela Sita Perhatian Televisi Nasional Venezuela

@Rayapos | Karakas: Penguatan dan peningkatan hubungan antara Indonesia dan Venezuela menjadi isu yang dibahas oleh televisi nasional Venezuela, Globovision, melalui wawancara dengan Duta Besar Indonesia untuk Venezuela, Mochammad Luthfie Witto’eng.

Wawancara tersebut berlangsung selama 30 menit pada tanggal 18 Mei 2016 dan ditayangkan secara langsung, demikian keterangan pers dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Karakas, Venezuela yang diterima di Jakarta, Kamis.

Globovision mewawancarai secara khusus Dubes Luthfie Witto’eng terkait partisipasi aktif seorang dubes asing dalam upaya peningkatan hubungan bilateral kedua negara.

Presenter program wawancara yang juga mantan Dubes Venezuela untuk Kuwait, Julio Cesar Pineda membuka wawancara dengan menanyakan kesan pertama Dubes Indonesia saat tiba di Venezuela.

Dubes Luthfie Witto’eng menyampaikan bahwa selain iklim yang mirip, keramahan masyarakat Venezuela tidak berbeda dengan Indonesia.

“Hubungan bilateral antara Indonesia dan Venezuela perlu ditingkatkan baik di sektor politik, ekonomi maupun sosial budaya terutama ‘people to people contact’, dengan memanfaatkan fasilitas bebas visa sejak tahun ini bagi masyarakat Venezuela untuk berkunjung ke Indonesia,” ujarnya lagi.

Terkait keterlibatan Indonesia di forum internasional, Dubes menyampaikan bahwa Indonesia berperan aktif dan signifikan di Perserikatan Bangsa Bangsa.

Hal tersebut terbukti dengan terpilih Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB berkali-kali serta memimpin beberapa organisasi lainnya seperti Gerakan Non-Blok dan G-20, katanya.

Dalam hal seni dan tari yang sangat beragam serta gastronomi (seni memasak dan makanan) yang sangat menarik, Luthfie Witto’eng menyampaikan akan menampilkan pertunjukan budaya Indonesia tersebut pada setiap kesempatan.

Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat Venezuela dapat lebih mengenal keberagaman Indonesia, ujarnya pula.

Menurut Dubes, peran media saat ini sangat penting dalam menyiarkan informasi dan pengetahuan, khususnya mengenai suatu negara agar dapat dikenal dengan lebih baik oleh masyarakat dunia.

Dia berharap wawancara tersebut akan menguatkan dan meningkatkan hubungan antara Indonesia dan Venezuela. [antara]

BAGIKAN

LEAVE A REPLY