Ilustrasi Rayapos

@Rayapos | Jakarta – Apple seperti harus realistis dengan pangsa pasar Asia, khususnya China. Penjualan produk mereka, iPhone mengalami penurunan sebesar 20 persen secara Year-on-Year pada kuartal keempat 2018.

Sebagaimana dilansir laman Reuters, Rabu (13/2/2019), berdasarkan laporan yang berasal dari IDC tersebut menunjukkan angka penurunan yang signifikan dari Apple di negara Tirai Bambu itu.

Angka-angka dalam laporan menunjukkan penurunan 19,9 persen dalam pengiriman smartphone Apple. Penurunan tersebut mengurangi pangsa pasar Apple menjadi 11,5 persen dari 12,9 persen tahun sebelumnya

“Selain peningkatan kinerja reguler pada 2018 dan perubahan kecil pada eksterior, belum ada inovasi besar yang mendukung pengguna untuk terus mengubah ponsel mereka dengan harga yang sangat meningkat,” rilis laporan tersebut.

Sementara kompetitor mereka yang juga merupakan perusahaan lokal, Huawei justru mencatat kenaikan penjualan hingga 23 persen.

“Lingkungan makro yang parah di China dan serangan terhadap produk-produk inovatif merek domestik juga menjadi alasan terus menurunnya Apple,” tambah laporan itu.

Selain China, sebuah laporan Counterpoint juga mengonfirmasi penurunan tajam yang sama dalam penjualan di India. Diketahui, negara ini adalah pasar Apple yang tengah berkembang di Asia.

Counterpoint menyampaikan, penjualan iPhone pada kuartal keempat turun 25 persen tahun ini. Hal itu mengurangi total penjualan pada 2018 menjadi 1,7 juta unit dari 3,2 juta tahun sebelumnya.

BAGIKAN