Penyaluran Rastra Sulut Tunggu SK Gubernur

@Rayapos | Manado: Penyaluran beras masyarakat sejahtera (rastra) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tinggal menunggu surat keputusan (SK) Gubernur.

“Kami berharap SK Gubernur Sulut soal rastra di daerah tersebut secepatnya keluar sehingga penyaluran segera dilakukan,” kata Kepala Perum Bulog Divre Sulut dan Gorontalo, Taufan Akib, di Manado, Jumat(27/1).

Taufan mengatakan pihaknya harus menunggu SK Gubernur tentang kuota dan jumlah keluarga penerima manfaat (KPM), baru penyaluran dijalankan.

“Untuk stok beras di gudang Bulog sangat banyak sehingga masyarakat tidak perlu khawatir, keluarga penerima manfaat akan segera mendapatka jatah beras ketika SK dikeluarkan,” katanya.

Karena, penyaluran rastra akan sangat berdampak cukup besar pada stabilitas harga beras di pasaran.

“Ketika KPM telah mendapatkan jatah beras rastra yang cukup murah, otomatis mereka tidak akan lagi membeli ke pasar, sehingga harga pasti tetap stabil,” katanya.

Perum Bulog mengupayakan agar raskin tersebut diterima tepat waktu oleh masyarakat baik di perkotaan maupun pedesaan. Penerima raskin di 2015 masih sama dengan tahun sebelumnya, berdasarkan SK Gubernur bernomor 500/177/sekr-Ro, jumlah penerima raskin pada 2014 ini sebanyak 161.089 Rumah Tangga Sasaran (RTS).

Tahun 2016, katanya, penerima manfaat beras ini atau Rumah Tangga Sasaran (RTS) di Sulut, katanya, tersebar di 15 kabupaten/kota yang ada.

RTS mendapatkan jatah alokasi sebanyak 15 kilogram setiap bulan per keluarga, dengan harga Rp1.600 per kilogram, selebihnya disubsidi pemerintah.[ant]

Comments

comments

LEAVE A REPLY