Perancis: Keputusan Trump Timbulkan Risiko Tatanan Perdagangan Global

rayapos.com - Trump putuskan keluar dari Trans Pacific
Presiden AS Donald Trump menandatangani surat resmi keluarnya Amerika dari Trans Pacific Partnership (Foto: Toronto Star)

@Rayapos | Paris: Keputusan pemerintahan Presiden AS Donald Trump menimbulkan risiko serius bagi tatanan perdagangan dunia, demikian Menteri Ekonomi dan Keuangan Prancis Michel Sapin mengatakan, Selasa (31/1).

Ia membuat pernyataan selama konferensi yang diadakan di Paris tentang keterbukaan komersial.

Ketika masa depan perdagangan internasional semakin dipertanyakan dan keterbukaan perdagangan menyebabkan ketidakpuasan, “kita hari ini sedang menghadapi angin baru kontestasi manfaat keterbukaan komersial,” kata Sapin.

Ia juga mencatat bahwa tantangan ini menyebabkan khususnya Amerika Serikat “mengambil keputusan proteksionis sepihak yang dapat menggoyahkan perekonomian global secara keseluruhan.

“Secara tak terduga, itu menyebabkan Tiongkok bertindak sebagai pembela perdagangan bebas di kancah internasional terhadap penarikan Amerika,” kata Sapin.

Pada visi keterbukaan perdagangan Prancis, Sapin mengatakan Prancis tetap jelas tentang hal ini: “Ya untuk mengejarnya, tetapi di bawah kondisi-kondisi yang menjamin distribusi yang adil dan pertumbuhan yang berkelanjutan.”

Menurut dia, Uni Eropa adalah kesempatan unik bagi Prancis dan untuk semua mitra Eropa kami untuk mempertimbangkan secara tegas dalam tatanan baru ini.

“kami harus, melalui lembaga-lembaga Eropa, mempertahankan visi terbuka kami ini dan hanya kebijakan perdagangan,” tandasnya.

Comments

comments