Foto: Ilustrasi

@Rayapos | Jakarta – WhatsApp terus memerangi peredaran hoaks. Komitmen itu dibuktikan aplikasi pepesan singkat ini dalam pembaruan WhatsApp di iOS versi 2.18.81 dan mulai mulai beredar di India.

Sebagaimana dilansir laman Phone Arena, Rabu (8/8/2018), pembaruan tersebut mulai dengan membatasi jumlah pesan terusan (forwarded) sebanyak lima kontak saja dalam satu waktu.

Jika lebih dari lima kontak, maka akan muncul notifikasi pop-up yang menginformasikan bahwa pengguna sudah mencapai batas maksimal. Pengurangan ini sangat jauh dibanding sebelumnya, dimana pengguna bisa meneruskan pesan hingga 250 kontak.

Baca Juga:

Lenovo Siap Luncurkan Ponsel 5G Pertama

Huawei Siap Luncurkan Ponsel yang Bisa Lipat

Selain itu, WhatsApp juga mencopot tombol pintas ‘shortcut forward’ yang biasanya ada di samping konten media.Pencopotan shortcut ini baru berlaku di India, yang memang menjadi perhatian terkait peredaran hoaks yang menghawatirkan.

Bulan lalu dalam sebuah postingannya, WhatsApp menyatakan bahwa India menjadi negara yang paling masif meneruskan pesan, foto, dan video dibanding negara lain. Pemerintah India pun tengah menyoroti WA yang dianggap sebagai wadah hoaks tersubur

Namun belum jelas apakah jumlah maksimal pesan terusan akan sama di semua negara. WhatsApp menyebut selain India pembatasan penerima pesan terusan hingga 20 kontak.

BAGIKAN