Basuki Tjahaja Purnama didampingi istrinya Veronica Tan saat dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta di Istana Negara Jakarta (Foto : Kompas)

@Rayapos | Jakarta – Kabar peceraian mantan Guberbur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok begitu mengejutkan banyak kalangan.

Munculnya surat gugatan cerai yang dikirimkan untuk Veronica Tan, istri Ahok ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara mengundang keprihatinan khususnya bagi bekas Bupati Belitung Timur tersebut.

Banyak kalangan menyayangkan jika berita perceraian itu benar-benar terjadi. Pasalnya, pasangan suami istri ini selalu terlihat mesra saat tampil di depan publik. Bahkan Vero, panggilan akrab Veronica sempat merayakan moment Natal bersama Ahok dan anak-anaknya di Rutan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok.

Baca juga : Nostalgia Ahok dan Vero Makan Sate di Hari Natal 2017

Ahok ditahan pasca divonis dua tahun penjara karena terbukti melakukan penistaan agama.

Pasca berita ini beredar luas, muncul spekulasi yang menjadi penyebab terjadinya perceraian antara Ahok-Vero.

Pegiat media sosial Denny Siregar dalam situsnya www.dennysiregar.com menduga perbedaan prinsip antara kedua menjadi pemicu perceraian itu terjadi. tulisan itu dia beri judul “AHOK GUGAT CERAI VERO?”

“Bisa jadi ini pertanda bahwa Ahok tetap ingin terjun ke dunia politik sesudah bebas nanti, sedangkan Vero bersikeras supaya ia menjadi orang biasa aja,” kata Denny dalam situsnya.

Baca juga : PN Jakut: Ahok Sudah Tanda Tangan Surat Cerai Bermaterai 6.000

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ditampilkan tulisan Denny Siregar yang diambil dari situsnya;

AHOK GUGAT CERAI VERO ?

Sebenarnya berita ini sudah beredar beberapa hari lalu. Tapi saya selalu bilang, “Ah, gak mungkin..”. Tapi semakin kuat berhembus dan saya jadi penasaran, darimana datangnya?

Akhirnya kompas dot com pun mengulas berita itu dengan mewawancarai “orang yang bisa dipercaya”. Menurut Kompas, gugatan cerai itu didaftarkan di Pengadilan Jakarta Utara Jumat kemarin.

Saya sebenarnya malas bahas hal pribadi begini. Tapi saya jadi tertarik ketika teringat berita lama Juli lalu.

Judulnya “Veronica akan gugat cerai Ahok jika berpolitik lagi..” Apakah memang karena perbedaan pandangan yang membuat gugatan itu ada jika memang benar adanya?

Nusron Wahid saja pernah berkata, “Meskipun Bu Vero sebagai istrinya mau mengancam cerai, anak-anak ancam mengasingkan diri, potong tangan saya kalau Ahok keluar enggak main politik enggak bisa. Gatal pasti,”

Bisa jadi ini pertanda bahwa Ahok tetap ingin terjun ke dunia politik sesudah bebas nanti, sedangkan Vero bersikeras supaya ia menjadi orang biasa aja..

Apapun itu hanya mereka berdua yang tahu alasannya..

Ah, sebaik apapun perceraian itu tetap saja korbannya adalah anak-anak. Semoga berita itu tidak benar dan Ahok tetap berkumpul dengan keluarganya..

Saya jadi teringat tangisan bu Vero saat Ahok akhirnya kalah di pengadilan. Semoga tidak ada tangisan kedua ketika akhirnya kalah dalam mempertahankan keadaan..

Tetap kuat ya koh Ahok dan bu Vero.. Butuh kekuatan ekstra memang ketika badai datang bergelora. Semoga secangkir kopi bisa menentramkan.