Perekrutan Anggota DPRP Jalur Otsus Belum Rampung

@Rayapos | Jayapura: Perekrutan sebanyak 14 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) jalur otonomi khusus (otsus) hingga kini belum rampung, atau masih di tingkat daerah pengangkatan pada lima wilayah adat yang menyebar di 29 kabupaten/kota.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Papua Musa Isir, di Jayapura, Kamis (19/5), mengatakan meski belum rampung hingga kini tahapan sosialisasi dan pendaftaran dapat berjalan aman dan lancar.

“Pihak panitia seleksi (pansel) di tingkat provinsi pun telah turun ke kabupaten/kota melakukan perekrutan ke setiap daerah pengangkatan, dan kini perekrutannya berjalan lancar sesuai hasil pantauan kami,” katanya.

Menurut Musa, pihaknya mengestimasi pelantikan 14 anggota DPRP jalur otsus itu, akan digelar pada Juli 2016 bila seluruh proses perekrutan rampung satu bulan sebelumnya.

“Kalau pada pertengahan Juni hasil perekrutannya sudah rampung, mudah-mudahan jika tak ada halangan pada awal atau akhir Juli, pelantikannya sudah bisa digelar,” ujarnya.

Dia menuturkan dalam perekrutan 14 kursi, gabungan pansel yang terdiri dua tim telah turun ke daerah melakukan perekrutan, tim pertama terdiri dari ketua dan anggota pansel yang telah turun sejak empat hari lalu.

“Sementara tim kedua dari Badan Kesbangpol Provinsi Papua baru akan turun ke daerah pada Kamis (19/5) melakukan pengecekan untuk selanjutnya membantu tim pansel di dapeng menyelesaikan proses perekrutan,” katanya lagi.

Dia menambahkan dalam proses perekrutannya, masing-masing peminat dari kabupaten mendaftar kemudian dibawa ke dapeng yang selanjutnya melakukan verifikasi dan validasi terkait dengan seluruh dokumen yang masuk.

“Sedangkan untuk kabupaten yang ada sifatnya hanya menerima pendaftaran, mengumpulkan dan membawa ke dapeng, lalu dilakukan pleno, kemudian dinyatakan siapa yang lolos, selanjutnya dilantik, di mana sisanya akan masuk dalam daftar tunggu,” ujar Musa.

 

[Antara]

BAGIKAN

LEAVE A REPLY