Perkuat SDM, BPJSTK – UGM Tandatangani PKS

BPJS Ketenagakerjaan dan Universitas Gajah Mada tandatangani kerja sama penyelenggaraan Program Pascasarjana Strata Dua (S2) Double Degree UGM-University of Melbourne dengan konsentrasi jaminan sosial untuk memperkuat dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia badan tersebut. (Foto: Asia Options)

@Rayapos | Yogyakarta: BPJS Ketenagakerjaan dan Universitas Gajah Mada tandatangani kerja sama penyelenggaraan Program Pascasarjana Strata Dua (S2) Double Degree UGM-University of Melbourne dengan konsentrasi jaminan sosial untuk memperkuat dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia badan tersebut.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Umum & SDM BPJS Ketenagakerjaan, Naufal Mahfudz, bersama dengan perwakilan dari FISIP UGM, Dr. Erwan Agus Purwanto, M.Si yang bertempat di Gedung FISIP UGM, Yogyakarta, Jumat (27/1).

Program Pascasarjana Strata Dua (S2) Double Degree UGM-University of Melbourne memberi gelar Master of Arts in Sociology (UGM) dan Master of Social Policy (University of Melbourne-Australia) dengan konsentrasi jaminan sosial (Social Security).

Kerja sama yang dilakukan ini merupakan tindak lanjut dalam bidang pendidikan untuk meningkatkan kompetensi SDM yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan dalam bidang jaminan sosial.

“Seluruh karyawan BPJS Ketenagakerjaan yang mengikuti program ‘double degree’ ini harus melewati proses seleksi internal dan ujian masuk yang dilaksanakan oleh UGM. Hal ini merupakan sikap profesionalisme kami dalam menjaga kualitas SDM yang kami miliki,” ujar Naufal.

Jaminan sosial ketenagakerjaan yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan di Indonesia merupakan salah satu unsur vital dalam pembangunan negara secara keseluruhan. Kehadiran BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja menjadi poin penting dalam memastikan pekerja mencapai kesejahteraan dan kemandirian.

Menurut Naufal, pengetahuan dan pendidikan mengenai jaminan sosial sangat penting untuk memajukan jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia. Program beasiswa ini diharapkan dapat membawa perubahan yang besar dalam perkembangan jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia.

Selain kegiatan penandatanganan PKS, juga diselenggarakan kegiatan seminar tentang Labour Issues and Social Policy in Indonesia and Australia : A Comparative Perspective.

Pembicaranya Prof. Dr. Tadjuddin Noer Effendi dari UGM dan Prof. John Murphy dan Prof. Mark Considine dari University of Melbourne, dimana kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan soft-launching kerja sama Program Pendidikan Pascasarjana (S2) Double Degree Sosiologi UGM dan Social Policy di University of Melbourne Australia.

“Dengan melakukan kerja sama dalam bidang pendidikan yang fokus tentang jaminan sosial, perlindungan BPJSTK kepada masyarakat pekerja akan lebih optimal yang nantinya juga akan berpengaruh dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaannya di lapangan,” demikian Naufal. [ant]

Comments

comments