Foto: Website Resmi Persib

@Rayapos | Bandung – Status Fernando Soler di Persib akhirnya terjawab. Sekretaris tim Persib, Yudiana mengeluarkan pernyataan resmi terkait jabatan Soler yang sempat menjadi perbincangan.

Kehebohan ini bermula dari Daftar Susunan Pemain (DSP) Persib Bandung saat bertandang ke markas Sriwijaya FC. Kala itu status Soler disebut sebagai penerjemah.

Namun nyatanya, Soler memberikan instruksi layaknya pelatih dimana ia memang menggantikan Mario Gomez yang tengah pulang Argentina. Hal ini tentu menjadi perdebatan.

Dalam pernyataannya, Yudiana mengatakan Soler memang didaftarkan sebagai penerjemah lantaran regulasi Liga 1 hanya membolehkan satu tim memiliki satu asisten pelatih.

Baca juga:

“Manajemen patuh kepada regulasi yang diterbitkan oleh pihak LIB, yang mana tertera di situ jika jabatan seorang asisten pelatih hanya boleh diisi oleh satu orang,”‎ ucap Yudiana seperti dilansir dari situs Persib.

“Jadi dengan mengikuti aturan dari LIB, Soler di sini menjabat sebagai penerjemah dari Mario Gomez, yang berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara pemain dan pelatih,” ujarnya.

Persib sendiri sudah mendaftarkan Herrie Setyawan sebagai asisten pelatih. Tetapi pada prakteknya, Soler tidak hanya sebagai penerjemah melainkan bersama Herry membantu Gomez dari sisi kepelatihan.