@Rayapos | Yogyakarta – Berbagai budaya dari beragam suku bangsa di Asia menyambut perpaduan api asal India dengan api abadi Mrapen dalam miniatur kaldron di lapangan Brahma komplek Candri Prambanan, Yogyakarta, Rabu (18/7/2018) malam.

Dalam konser ini ditampilkan Tarian kontemporer dari Asia Timur, Asia Barat, Asia Selatan, Asia Tengah, dan Asia Tenggara serta tarian budaya asli Indonesia.

Api obor Asian Games asal New Delhi dibawa mantan atlet bulu tangkis Indonesia Susy Susanti. Sedangkan api abadi Mrapen untuk Asian Games dibawa mantan atlet tenis legendaris Merah-Putih Justedjo Tarik.

Hadir dalam acara tersebut diataranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Baca Juga:

Kakak: Zohri Berlatih Lari Tanpa Sepatu

53 Kota Akan Dilintasi Obor Asian Games 2018

“Penyelenggaraan Asian Games ke-18 ini berarti kehormatan tersendiri bagi Indonesia karena dapat menyelenggarakan kedua kalinya,” ungkap Wapres Jusuf Kalla.

Ia menambahkan, suatu kehormatan juga bagi Indonesia karena dapat memperlihatkan kemampuan pembangunan infrastruktur, kemampuan mengoordinasi, dan kemampuan meraih prestasi.

Setelah konser di Prambanan, kegiatan akan berlanjut pada kirab obor dari kawasan Tugu menuju Keraton Yogyakarta sebelum menuju Stadion Sriwedari, Solo, pada Kamis (19/7/2018).

BAGIKAN