Pertamina Maluku-Papua Fokus Penuhi Kebutuhan BBM

@Rayapos | Jayapura: Manajemen Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua tengah fokus memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (BBM) para konsumen sekaligus menyukseskan program “BBM Satu Harga”.

“Sekarang kita tidak lagi bicara kuota atau alokasi, Yahukimo misalnya, alokasinya 200 kl, tapi kalau kebutuhannya 300 kl/bulan ya kita akan kirim 300 kl. Kalau bicara alokasi pasti tidak bisa satu harga,” ujar General Manager Pertamina MOR VIII Eldy Hendri, di Jayapura, Kamis.

Ia menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan beberapa kebijakan untuk mengatasi kendala yang ada di lapangan, seperti masih minimnya jumlah lembaga penyalur di beberapa daerah, khususnya di wilayah pegunungan Papua.

“Pertamina tetap harus menjalankan BBM satu harga. Kita juga menambah jumlah lembaga penyalur yang ada di daerah, mungkin satu lembaga penyalur tidak cukup, kita akan tambah satu lagi,” kata dia.

“Ini secara bertahap kita akan wujudkan, seperti kemarin di Sorong Selatan (Papua Barat) kita resmikan satu lembaga penyalur. Mungkin dalam waktu dekat akan ada lagi dan ini akan di ‘roll out’ terus,” sambungnya.

Eldy mengungkapkan bahwa pemerintah sudah menyiapkan regulasi yang dapat digunakan Pertamina sebagai dasar memperluas jaringan penyalur BBM.

“Sekarang sudah ada Permen nomor 36 tahun 2016, disitu sudah dijabaran ke distrik mana lagi kita akan pergi, nanti kita akan mengikuti ‘roll out’ itu,” ujarnya lagi.

Menurutnya dalam implementasi program BBM satu harga, peran pemerintah daerah sangat penting karena mereka yang mengetahui pasti daerah-daerah yang selama ini masih belum terjangkau program tersebut.

“Tentu ini secara bertahap, tidak bisa semua dilakukan secara seketika. Yang jelas kita harus bekerja sama dengan pemerintah daerah, itu sudah pasti,” kata dia.

Eldy pun meminta semua pihak untuk membantu mengawasi realisasi bbm satu harga karena Pertamina tidak mungkin bisa melakukan hal tersebut secara menyeluruh.

Ia pun memuji kebijakan Polda Papua yang telah membentu Satgas BBM Satu Harga yang dianggap mempunyai peran penting dalam meminimalisir penyelewengan BBM bersubsidi. [ant]

Comments

comments

LEAVE A REPLY