Petani Cengkih Sulawesi Utara Harapkan Harga Cengkih Naik di Tahun 2017

@Rayapos | Manado:  Petani cengkih di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengharapkan harga komoditas unggulan tersebut di bisa naik lagi di tahun 2017.

“Kami harap harga cengkih akan lebih baik di tahun 2017, setidaknya di atas Rp100 ribu per kilogram,” kata Reky S petani cengkih asal Minahasa Selatan di Manado, Selasa (24/1/2017).

Dia mengatakan saat ini harga cengkih di sentra perdagangan Kota Manado berada dikisaran Rp95 ribu hingga Rp96 ribu per kilogram.

“Memang harga ini mengalami peningkatan namun tipis jika dibandingkan dengan sesi perdagangan pekan sebelumnya hanya Rp90 ribu per kg,” jelasnya.

Harga cengkih ini diharapkan akan terus meningkat sampai panen raya nanti, karena biasanya disaat panen harga cengkih langsung anjlok sehingga petani tidak bisa merasakannya.

Yohanis T, petani asal Minahasa juga mengatakan disaat harga cengkih naik, petani tidak punya stok untuk dijual.

“Kami berharap harga akan terus meningkat sehingga kesejahteraan petani cengkih juga bisa naik,” harapnya.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Hanny Wajong mengatakan harga komoditas tersebut memang terus naik sejak tahun 2016.

Hanny mengatakan, kenaikan harga tersebut membawa angin segar bagi petani cengkih karena bisa menutupi ongkos pemetikan sekaligus mendapat untung lebih.

Pedagang Pengumpul komoditi unggulan di Pasar Pinasungkulan Karombasan Kota Manado Gustav Karinda mengatakan saat ini harga cengkih terus naik.

“Harga cengkih terus meningkat namun sayang stok di tangan petani sangat kurang,” kata Gustav.

Comments

comments

LEAVE A REPLY