Rayapos.com - Bima Sakti - pelatih Timnas
Bima Sakti

@Rayapos | Jakarta – Tim Nasional Indonesia akan menghadapi Singapura di laga perdana Grup B di Piala AFF 2018. Bentrok kedua tim bakal tersaji di Stadion National, Jumat (9/11/2018) malam WIB. Banyak pihak memprediksi laga berlangsung sengit.

Pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti pun beranggapan bahwa laga malam nati akan berjalan ketat. Ia menyebut performa skuat asuhan Fandi Ahmad ini terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Menurut Bima, Singapura saat ini lebih kuat dalam hal penyerangan. Selain itu, organisasi tim dan transisi bertahan-menyerang mereka juga sangat baik. Terlepas dari soal teknis, sepanjang sejarah, pertemuan kedua tim di Piala AFF selalu mennyajikan laga sengit.

Total dari delapan kali pertemuan di Piala AFF, Indonesia hanya menang dua kali dari Singapura dan mengalami empat kekalahan. Sayangnya, dua dari empat kekalahan itu terjadi ketika Indonesia ditaklukkan Singapura di laga kandang-tandang final Piala AFF 2004.

Kendati catatan sejarah itu tak menguntungkan Indonesia, Bima tidak menyerah sebelum bertanding. Dia terbantu dengan keberadaan 16 pemain jebolan Asian Games 2018 di timnya yang memudahkan adaptasi taktik.

Baca Juga:

Piala AFF 2018: Nilmaizar Yakin Indonesia Kalahkan Singapura

Arsene Wenger Belum Tentu Berlabuh di Real Madrid

Yamaha Kian Kompetitif, Vinales Optimis Tatap Musim Depan

Kemudian, demi merekatkan hubungan antarpemain, Bima menerapkan kesetaraan di mana dirinya menganggap tidak ada pemain yang lebih tinggi statusnya daripada yang lain.

“Semua pemain adalah pemain inti,” ujar mantan gelandang yang sempat tergabung dalam skuat Primavera.

Apalagi jika menilik kondisi serta kualitas yang ada skuat Indonesia saat ini, tim Garuda pantas diunggulkan untuk meraih kemenangan atas Singapura. Namun yang terpenting adalah para pemain untuk lebih fokus dan konsentarasi agar tak kebobolan.