Foto: YouTube

@Rayapos | Bangkok – Timnas Indonesia akhirnya harus mengakui keperkasaan Thailand pada laga ketiga fase Grup B Piala AFF 2018. Hasil ini membuat peluang tim Merah-Putih untuk lolos ke babak semifinal semakin berat.

Bertanding di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11/2018), anak asuh Bima Sakti menelan kekalahan 2-4. Dua gol Indonesia dicetak Zulfiandi pada menit ke-29 dan Fachruddin di menit ke-89.

Sementara itu, berondongan empat gol Thailand ke gawang Indonesia yang dijaga Awan Setho masing-masing dicetak Korrakot Wriya-Udomsin, Pansa Hemviboon di paruh pertama. Dua gol lain diciptakan di babak kedua melalui Adisak Kraison dan Pokkhao Anan.

Dengan kekalahan tersebut, Indonesia kini berada di peringkat keempat klasemen dengan koleksi tiga poin dari tiga laga yang sudah dilalui. Adapun Thailand kian kokoh berada di puncak klasemen, mereka mengumpulkan enam poin dari dua laga.

Di awal babak pertama, kedua tim terlihat bermain sangat hati-hati dan masih meraba lawan hingga laga berjalan lebih dari 25 menit. Indonesia akhirnya mampu unggul lebih dulu pada menit ke-29 melalui sepakan keras Zulfiandi dari luar kotak penalti.

Gol yang terbilang spektakuler ini berawal dari skema sepak pojok. Evan Dimas yang mengirim umpan mendatar ke Zulfiandi dan langsung melepaskan tendangan keras kaki kanan dan tidak bisa dijangkau Siwarak

Tertinggal satu gol, Thailand langsung menyerang dan mengurung pertahanan Indonesia. Alhasil di menit ke-38, Korrakot Wriya-Udomsin mencetak gol penyeimbang lewat tendangan melengkung dari sepak pojok yang langsung masuk ke gawang Awan Setho.

Baca Juga:

Lawan Thailand, Bima Sakti Yakin Timnas Bisa Curi Poin

Laga Persahabatan: Brasil Tekuk Uruguay 1-0

Hong Kong Open 2018: Greysia/Apriyani Kandas di Semifinal

Thailand bahkan berbalik unggul 2-1 menjelang paruh pertama berakhir. Pansa Hemviboon mampu memanfaatkan kemelut di depan gawang Indonesia yang berawal dari tendangan bebas. Skor 2-1 untuk Thailand bertahan jeda.

Memasuki babak kedua, tempo permainan tidak berubah. namun kesalahan lini belakang Indonesia harus ditebus dengan gol Adisak Kraison pada menit ke-65. Gol ketiga Thailand ini berawal dari salah umpan Awan Setho yang justru mengarah ke Thitiphan Puangjan.

Thailand kembali memperlebar keunggulan pada menit ke-74. Akibat kesalahan lini belakang Indonesia, skema serangan balik, Pokkhao Anan lolos dari kawalan lini belakang Indonesia sejak dari tengah lapangan dan memperdaya Awan Setho yang sudah terlanjut maju.

Indonesia hanya mampu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-89. Berawal dari sepak pojok yang tidak mampu dijangkau Siwarak, sundulan Fachruddin merobek gawang Thailand. Setelah itu idak ada gol tambahan tercipta, skor 4-2 untuk Thailand hingga laga usai.