@Rayapos | Jakarta – Timnas Indonesia sudah dipastikan gagal melaju ke Semifinal semi-final Piala AFF 2018. Pasukan Garuda terpuruk diposisi bawah klasemen grup B, setelah menderita dua kekalahan dari tiga penampilan.

Gelandang timnas Indonesia, Stefano Lilipaly menyebut faktor utama kegagalan pasukan Merah-Putih melangkah ke babak selanjutnya adalah ketika menghadapi Thailand. Bertandang ke Stadion Rajamangala, anak asuh Bima Sakti menelan kekalahan 4-2.

“Persiapan kami bagus, pelatih kami pun juga bagus. Kami begitu antusias, dan saya pikir melihat permainan yang kami berikan, kami layak untuk bisa mendapatkan yang lebih baik, terutama saat menghadapi Thailand,” ungkap pria yang akrab disapa Fano ini.

Ia menilai sejatinya pasukan Garuda bermain cukup baik di awal babak pertama. Setelah sempat unggul lebih dulu, Thailand dapat mencetak dua gol yang justru berbau keberuntungan.

“Kami bermain bagus di babak pertama, mereka dapatkan dua gol karena keberuntungan dari tendangan sudut dan situasi tendangan bebas. Itu yang membuat semua menjadi buruk. Mereka beruntung, tapi kami bermain lebih baik,” tuturnya.

“Mereka bermain di kandang, tapi kami sebenarnya bermain lebih baik daripada Thailand. Inilah yang terjadi, mereka menang, dan kami terlihat tidak bermain bagus, tapi sebenarnya kami bermain bagus di babak pertama.”

Indonesia masih akan menjalani pertandingan terakhir grup menjamu Filipina. Akan tetapi laga yang bakal berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, ini sudah tidak mempengaruhi langkah Indonesia ke babak berikutnya.

Jika menang pun Indonesia hanya akan menjadi penjegal Filipina menuju semi-final. Sementara Thailand sendiri sudah dipastikan lolos karena belum pernah terkalahkan. Saat ini mereka menempati puncak klasemen grup

“Inilah sepakbola, seperti yang saya katakan dan kami harus belajar serta fokus ke pertandingan berikutnya untuk mengakhirinya dengan perasaan yang lebih baik,” tukasnya.